PERILAKU KONSUMEN KOPI DAN STRATEGI BAURAN PEMASARAN DALAM PENGEMBANGAN AGROINDUSTRI KOPI BUBUK LOKAL DI KABUPATEN JEMBER
DOI:
https://doi.org/10.61595/progresif.v2i1.228Keywords:
perilaku konsumen, AHP, strategi pengembangan produkAbstract
Kabupaten Jember merupakan salah satu wilayah di Jawa Timur yang memiliki potensi sebagai penghasil kopi yaitu dengan luas areal 16784 Ha dan produksi 11894,27 Ton. Konsumsi kopi di Kabupaten Jember cenderung meningkat seiring dengan peningkatan jumlah penduduk, dan pergeseran penduduk dari dominasi penduduk usia muda ke penduduk usia produktif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) persepsi konsumen terhadap produk kopi bubuk lokal (2) karakteristik yang dipentingkan konsumen kopi bubuk dari minuman kopi (3) strategi pengembangan produk yang tepat untuk kopi lokal. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif, korelasional dan analitik. Metode pengambilan contoh menggunakan convinience sampling. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis hierarkhi proses. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) persepsi dari responden menyatakan bahwa pelaku dalam industri kopi yaitu kopi Kapal Api lebih diutamakan dibandingkan kopi bubuk lokal dan kopi branded lain; (2) berdasarkan persepsi responden, maka instrumen St2 (Harga) merupakan prioritas pertama yang dipentingkan konsumen dari minuman kopi; dan (3) berdasarkan persepsi responden, maka strategi produk P5 (Rasa) dan strategi promosi P7 (Iklan) merupakan prioritas pertama yang harus dilaksanakan untuk mendukung strategi pengembangan produk.