Evaluasi Program Mini Mal Pelayanan Publik (MMPP) di Kecamatan Sukodono Kabupaten Sidoarjo

Authors

  • Intan Rachmawati
  • Anggraeny Puspaningtyas Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
  • Adi Soesiantoro Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.61595/progresif.v11i1.754

Keywords:

Pelayanan Publik, Evaluasi, Mini Mal Pelayanan Publik

Abstract

Pelayanan publik yang diberikan oleh pemerintah memerlukan adanya sebuah inovasi yang tujuannya untuk memberikan kualitas pelayanan yang lebih baik dari sebelumnya. Program Mini Mal Pelayanan Publik (MMPP) merupakan hasil kebijakan PERMEN PAN-RB Nomor 30 Tahun 2014 mengenai  inovasi pelayanan publik di Kabupaten Sidoarjo. Tujuan pelaksanaan evaluasi pada program Mini Mal Pelayanan Publik untuk mengetahui keberhasilan program tersebut. Metode penelitian yang digunakan yaitu kualitatif deskriptif. Teori yang digunakan yaitu teori evaluasi kebijakan menurut William n Dunn. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program Mini Mal Pelayanan Publik belum cukup efektif namun dalam pelaksanaanya sudah efisien karena petugasnya yang ramah, dan memberi tahu alur pelayanan. Pada indikator kecukupan, program ini dirasa sudah cukup bagi masyarakat karena memudahkan dalam pelayanan. Namun pada indikator perataan, dirasa belum merata dalam mensosialisasikan program MMPP kepada masyarakat Sukodono sehingga masih ada masyarakat Sukodono yang belum mengetahui adanya Mini Mal Pelayanan Publik. Pada indikator ketepatan, jam operasional pelayanan ada yang tidak sesuai dengan jadwal bahkan ada yang sudah tidak beroperasional. Hal ini menunjukkan bahwa program MMPP belum maksimal dalam memberikan pelayanan yang diberikan karena belum cukup efektif dan tidak meratanya sosialisasi. Penulis menyarakan perlu adanya koordinasi antara Pemerintah Kabupaten Sidoarjo dengan Kecamatan Sukodono untuk mengatasi beberapa masalah yang terjadi pada Mini Mal Pelayanan Publik.

Downloads

Published

2023-04-25