Pembinaan UMKM “Echo” Desa Kalirejo Kabupaten Bojonegoro Sebagai Upaya Pemulihan Ekonomi Pasca Pandemi Covid-19

Authors

  • Mushthofa Universitas Bojonegoro. Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.61595/dedication.v2i1.460

Keywords:

Covid-19;ekonomi; pembinaan; pemulihan, umkm echo

Abstract

Masyarakat pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) memiliki peran penting dan strategis dalam pembangunan ekonomi nasional. Namun pandemi Covid-19 yang masuk ke Indonesia sejak Maret 2020 membawa dampak yang sangat serius bagi perekonomian masyarakat. Salah satu UMKM yang berada di Desa Kalirejo adalah UMKM Echo yang bergerak di bidang usaha keripik pisang dan merupakan UMKM yang ikut merasakan dampak pandemi Covid-19. UMKM Echo mengalami penurunan produksi dan pemasaran bahkan UMKM ini tidak berproduksi lagi sejak terjadinya pandemi Covid-19. Tujuan pengabdian masyarakat ini adalah untuk Pemulihan Ekonomi dan Reformasi Sosial Pasca Pandemi Covid-19 dengan cara membangkitkan kembali gairah UMKM Echo yang sudah tidak produksi karena terdampak pandemi Covid-19 dan melakukan pembinaan dalam peningkatan produktivitas produk dan penjualan dengan mengenalkan digital marketting kepada UMKM Echo serta mendampingi dalam mengurus ijin produksi pangan industri rumah tangga (PIRT). Hasil dari pengabdian masyarakat ini adalah : Reformasi Sosial Pasca Pandemi Covid-19 dengan cara memberikan bantuan berupa peralatan produksi untuk membangkitkan kembali gairah UMKM Aneka Keripik Echo agar berproduksi kembali;  Melakukan pembinaan dalam proses pembuatan produk dengan variasi rasa yang berbeda-beda; Melakukan pendampingan dalam proses perijinan produksi pangan industri rumah tangga (P-IRT); Melakukan pendampingan dalam perbaikan kemasan produk; Memberikan pelatihan digital marketing untuk mendukung penjualan produk.

References

Amri, A. 2020. Pengaruh Periklanan Melalui Media Sosial Terhadap UMKM di Indonesia di Masa PAndemi. Jurnal Brand 2(1): 123–130, https://www.academia.edu/42672824/Dampak_Covid-19_Terhadap_UMKM_di_Indonesia.

Anggraeni, F.D.; Hardjanto, I. and Hayat, A. 2013. Pengembangan Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah (UMKM) Melalui Fasilitasi Pihak Eksternal Dan Potensi Internal. Jurnal Administrasi Publik 1(6): 1286–1295.

Febriyantoro, M.T. and Arisandi, D. 2018. Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah Pada Era Masyarakat Ekonomi Asean. JMD: Jurnal Riset Manajemen & Bisnis Dewantara 1(2): 61–76, https://doi.org/10.26533/jmd.v1i2.175.

Fitriah, M. and Kusumadinata, A.A. 2017. Informasi Label Kemasan “ Mochibo ” Information of " Mochibo " As a Food Labelling. Jurnal Sosial Humaniora 8(2): 112–118.

Hermanu, B. 2014. Studi Implementasi Izin Edar Produk Pangan Industri Rumah Tangga (PIRT) Dalam Mewujudkan Keamanan Pangan Yang Optimal Di Kota Semarang. Hukum dan Dinamika masyarakat 11(2): 149–162.

Kurniawan, D.A. and Astuti, R.Y. 2018. Khadimul ummah. Khadimul Ummah: Journal of Social Dedication 1(2): 93–101, https://ejournal.unida.gontor.ac.id/index.php/khadimulummah/article/view/2493/1512.

Ratna Gumilang, R. 2019. Implementasi Digital Marketing Terhadap Peningkatan Penjualan Hasil Home Industri. Coopetition : Jurnal Ilmiah Manajemen 10(1): 9–14, https://doi.org/10.32670/coopetition.v10i1.25.

Sarfiah, S.; Atmaja, H. and Verawati, D. 2019. UMKM Sebagai Pilar Membangun Ekonomi Bangsa. Jurnal REP (Riset Ekonomi Pembangunan) 4(2): 1–189, https://doi.org/10.31002/rep.v4i2.1952.

Siagian, A.O. and Cahyono, Y. 2021. Strategi Pemulihan Pemasaran UMKM di Masa Pandemi Covid-19 Pada Sektor Ekonomi Kreatif. Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi Bisnis 1, pp. 206–217, 2021, https://doi.org/10.47233/jiteksis.v3i1.212.

Undang-undang Republik Indonesia No. 20 Tahun. 2008. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2008 (1).

Widiati, A. 2020. Peranan Kemasan (Packaging) Dalam Meningkatkan Pemasaran Produk Usaha Mikro Kecil Menengah (Umkm) Di “Mas Pack” Terminal Kemasan Pontianak. JAAKFE UNTAN (Jurnal Audit dan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Tanjungpura) 8(2): 67–76, https://doi.org/10.26418/jaakfe.v8i2.40670

Downloads

Published

2022-04-21