Brain Gym Pada Lansia Dalam Upaya Penendalian Tekanan Darah

Authors

  • Supriliyah Praningsih STIKES Pemkab Jombang
  • Heni Maryati Stikes Pemkab Jombang, indonesia
  • Siswati Siswati Stikes Pemkab Jombang, indonesia

DOI:

https://doi.org/10.61595/dedication.v2i2.538

Keywords:

Brain gym, Lansia, Tekanan darah

Abstract

:. Lansia memiliki resiko lebih besar menderita hipertensi daripada usia yang lebih muda. Salah satu metode yang dapat digunakan dalam upaya pengendalian tekanan darah adalah dengan melakukan brain gym. Tujuan pengabdian masyarakat adalah memerikan latihan brain gym pada lansia untuk mengendalikan tekanan darah. Metode pengabdian masyarakat ini adalah latihan gerakan brain gym pada lansia di Dusun Ngemplak Desa Ngudirejo Diwek  Jombang sejumlah 14 orang. Hasil : Kegiatan diawali dengan pengukuran tekanan darah ketika peserta datang selanjutnya diberikan latihan gerakan brain gym dengan terlebih dahulu kita menjelaskan tentang brain gym dan tanya jawab yang kemudian dilanjutkan dengan gerakan tersebut dalam upaya mengendalikan tekanan darah. Peserta dihimbau untuk melakukan gerakan brai gym secara rutin di rumah minimal sekali dalam seminggu. Diskusi/Pembahasan : pelaksanaan brain gym berjalan dengan baik, semua lansia berserta kader antusias dalam melakukan gerakan tersebut. Merasa senang dan sangat tertarik dengan gerakan-gerakan yang diajarkan. Lansia diharapkan dapat melakukan gerakan Brain gym yang diterapkan secara rutin di rumahuntuk menjaga kestabilan tekanan darah dalam upaya mengendalikan hipertensi.

References

Antonius Yogi Pratama, & Listyaningsih, E. (2020). Pengaruh Brain Gym Terhadap Tekanan Darah Pada Orang Dengan Hipertensi Di Yogyakarta. Pengaruh Brain Gym Terhadap Tekanan Darah Pada Orang Dengan Hipertensi Di Yogyakarta, 8(1), 42–51. https://www.google.com/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=&cad=rja&uact=8&ved=2ahUKEwjDpOOIi4j7AhW9FbcAHSg0ADQQFnoECAkQAQ&url=https%3A%2F%2Fjurnal.stikesbethesda.ac.id%2Findex.php%2Fjurnalkesehatan%2Farticle%2Fdownload%2F193%2F140%2F1195&usg=AOvVaw0UuWCj3oSYS1aJ0JMXV_ls

Cipolle, R., Strand, L.M., & Morley,P.C. (1998). Pharmaceutical Care Practice. Mc.Graw-Hill Higher Education.

Dinas Kesehatan Kabupaten Jombang. (2019). Profil Kesehatan Kabupaten Jombang 2019.

Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur. (2020). Profil Kesehatan Provinsi Jawa Timur 2020. Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur.,. www.dinkesjatimprov.go.id

Kementerian Kesehatan RI. (2019). Infodatin Hipertensi Si Pembunuh Senyap.

Kusuma Arif Hendra dan Azizah Siti. (2022). Edukasi Kecemasan dan Latihan Brain GymPada Penderita Hipertensi. Jurnal Pengabdian Serulingmas, 2(1), 1–6. https://ejournal.stikesserulingmas.ac.id/index.php/jps/article/view/19/16

Malachias MVB,et al. (2016). 7 th Brazilian Guideline of Arterial Hypertension(. Arquivos Brasileiros de Cardiologia, 107(3), 1–104. http://publicacoes.cardiol.br/2014/diretrizes/2016/05_HIPERTENSAO_ARTERIAL_INGLES.pdf

United State Departement of Health & Human Service(US-DOH&HS). (2014). High Blood Pressure Fact. Retrieved from https://www.cdc.gov/bloodpressure/ prevention.htm.

WHO. (2021). Hypertension. https://www.who.int/news-room/fact-sheets/detail/hypertension

Wiratma1, W., Maba2, I. W., Wiryawan3, I. G., & Vipriyanti, N. U. (2021). Senam Vitalisasi Otak: Upaya Efektif Menguatkan Fungsi Kognitif, Menurunkan Hipertensi Dan Emosional Pada Lansia. 8487(3), 570–579.

Hosaini, S. P. I. (2021). Etika dan profesi keguruan.

Hosaini, H. (2020). Pembelajaran dalam era “new normal” di pondok pesantren Nurul Qarnain Jember tahun 2020. LISAN AL-HAL: Jurnal Pengembangan Pemikiran dan Kebudayaan, 14(2), 361-380.

Samsudi, W., & Hosaini, H. (2020). Kebijakan Sekolah dalam Mengaplikasikan Pembelajaran Berbasis Digital di Era Industri 4.0. Edukais: Jurnal Pemikiran Keislaman, 4(2), 120-125.

Mahtum, R., & Zikra, A. (2022, November). Realizing Harmony between Religious People through Strengthening Moderation Values in Strengthening Community Resilience After the Covid 19 Pandemic. In The 4th International Conference on University Community Engagement (ICON-UCE 2022) (Vol. 4, pp. 293-299).

Hosaini, H., & Samsudi, W. (2020). Menakar Moderatisme antar Umat Beragama di Desa Wisata Kebangsaan. Edukais: Jurnal Pemikiran Keislaman, 4(1), 1-10.

Hosaini, H. (2020). Integrasi Konsep Keislaman Yang Rahmatan Lil ‘Alamin Menangkal Faham Ekstremisme Sebagai Ideologi Beragama Dalam Bingkai Aktifitas Kegiatan Keagmaan Mahasiswa Di Kampus Universitas Bondowoso. Edukais: Jurnal Pemikiran Keislaman, 3(1), 12-30.

Hosaini, H., & Kurniawan, S. (2019). Manajemen Pesantren dalam Pembinaan Umat. Edukais: Jurnal Pemikiran Keislaman, 3(2), 82-98.

Muis, A., Eriyanto, E., & Readi, A. (2022). Role of the Islamic Education teacher in the Moral Improvement of Learners. At-Tarbiyat: Jurnal Pendidikan Islam, 5(3).

Halim, A., Hosaini, H., Zukin, A., & Mahtum, R. (2022). PARADIGMA ISLAM MODERAT DI INDONESIA DALAM MEMBENTUK PERDAMAIAN DUNIA. JISMA: Jurnal Ilmu Sosial, Manajemen, dan Akuntansi, 1(4), 705-708.

Zukin, A., & Firdaus, M. (2022). Development Of Islamic Religious Education Books With Contextual Teaching And Learning. At-Tarbiyat: Jurnal Pendidikan Islam, 5(1).

Hosaini, H., Zikra, A., & Muslimin, M. (2022). EFFORTS TO IMPROVE TEACHER'S PROFESSIONALISM IN THE TEACHING LEARNING PROCESS. Al-Risalah: Jurnal Studi Agama dan Pemikiran Islam, 13(2), 265-294.

Salikin, H., Alfani, F. R., & Sayfullah, H. (2021). Traditional Madurese Engagement Amids the Social Change of the Kangean Society. RETORIKA: Jurnal Ilmu Bahasa, 7(1), 32-42.

Hosaini, H., & Fikro, M. I. (2021). PANCASILA SEBAGAI WUJUD ISLAM RAHMATAN LI AL-ALAMIIN. Moderation| Journal of Islamic Studies Review, 1(1), 91-98.

Hosaini, H. (2020). Ngaji Sosmed Tangkal Pemahaman Radikal melalui Pendampingan Komunitas Lansia dengan sajian Program Ngabari di Desa Sukorejo Sukowono Jember. As-Sidanah: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 159-190.

Agustin, Y. D., Hosaini, H., & Agustin, L. (2021). ANALYSIS OF THE IMPACT OF EARLY MARRIAGE ON ADOLESCENT REPRODUCTIVE HEALTH BASED ON HEALTH PERSPECTIVES AND ISLAMIC RELIGION. UNEJ e-Proceeding, 103-107.

Hosaini, H., & Kamiluddin, M. (2021). Efektivitas Model Pembelajaran Means-Ends Analysis (MEA) dalam meningkatkan Keterampilan Komunikasi Interpersonal dan Pemecahan Masalah pada mata pelajaran Fikih. Edukais: Jurnal Pemikiran Keislaman, 5(1), 43-53.

Hosaini, H. (2020). PEMBELAJARAN DALAM ERA “NEW NORMAL” DI PONDOK PESANTREN NURUL QARNAIN JEMBER TAHUN 2020. LISAN AL-HAL: Jurnal Pengembangan Pemikiran dan Kebudayaan, 14(2), 361-380.

Downloads

Published

2022-10-20