Penyuluhan Kesehatan Reproduksi pada Remaja dalam Perspektif Kesehatan dan Hukum

Authors

  • Leni Agustin Universitas Bondowoso, Indonesia
  • Lilik Puja Rahayu Universitas Bondowoso, Indonesia
  • Hosaini Hosaini Universitas Bondowoso, Indonesia
  • Yuana Dwi Agustin Universitas Bondowoso, Indonesia
  • Cahyaning Bhakti Utami Universitas Bondowoso, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.61595/dedication.v2i2.578

Keywords:

Penyuluhan, kesehatan reproduksi, remaja, kesehatan, hukum

Abstract

Perkembangan zaman memberikan dampak yang luar biasa dalam kehidupan masyarakat, khusunya kehidupan remaja modern saat ini, dimana hal ini lantas juga berdampak dalam bidang kesehatan. Tujuan kegiatan adalah meningkatkan pengetahuan remaja mengenai masalah kesehatan reproduksi beserta resiko yang akan banyak dihadapi jika tidak memiliki edukasi yang benar dan tepat. Target luaran yang ingin dicapai adalah membangkitkan kesadaran, minat serta pengetahuan siswa dalam konsep kesehatan reproduksi di masa remaja sehingga diharapkan remaja mampu mejaga dan meningkatkan kesadaran akan pentingnya kesehatan reproduksi baik secara fisik maupun psikis. Kegiatan dilaksanakan pada 3 Februari 2023 melalui penyuluhan secara langsung yang dilaksanakan di ruang kelas pada pukul 09.00 - 11.00 WIB, menggunakan media power point dengan jumlah peserta sebanyak 25 orang siswa dan guru pendamping sejumlah 2 orang. Target luaran hasil dalam kegiatan ini adalah diperoleh ketertarikan peserta pada saat penyuluhan serta adanya antusiasme peserta tyang dapat dibuktikan dengan banyaknya pertanyaan yang diajukan oleh peserta.

References

Layyin Mahfina, Elfi Yuliani Rohmah, Retno Widyaningrum. Remaja dan Kesehatan Reproduksi. Yogyakarta: STAIN Ponorogo; 2009

Sibagariang Ee, Pusmaika R, Rismalinda. Kesehatan Reproduksi Wanita. Jakarta: Cv. Trans Info Media; 2016.

Tomohon. J Keperawatan. 2014;2(2). 2. Eva Ellya Sibagariang. Kesehatan

Reproduksi Wanita (Edisi Revisi). Jakarta Timur: Cv. Trans Info Media; 2016.

Hosaini, S. P. I. (2021). Etika dan profesi keguruan.

Hosaini, H. (2020). Pembelajaran dalam era “new normal” di pondok pesantren Nurul Qarnain Jember tahun 2020. LISAN AL-HAL: Jurnal Pengembangan Pemikiran dan Kebudayaan, 14(2), 361-380.

Samsudi, W., & Hosaini, H. (2020). Kebijakan Sekolah dalam Mengaplikasikan Pembelajaran Berbasis Digital di Era Industri 4.0. Edukais: Jurnal Pemikiran Keislaman, 4(2), 120-125.

Mahtum, R., & Zikra, A. (2022, November). Realizing Harmony between Religious People through Strengthening Moderation Values in Strengthening Community Resilience After the Covid 19 Pandemic. In The 4th International Conference on University Community Engagement (ICON-UCE 2022) (Vol. 4, pp. 293-299).

Hosaini, H., & Samsudi, W. (2020). Menakar Moderatisme antar Umat Beragama di Desa Wisata Kebangsaan. Edukais: Jurnal Pemikiran Keislaman, 4(1), 1-10.

Hosaini, H. (2020). Integrasi Konsep Keislaman Yang Rahmatan Lil ‘Alamin Menangkal Faham Ekstremisme Sebagai Ideologi Beragama Dalam Bingkai Aktifitas Kegiatan Keagmaan Mahasiswa Di Kampus Universitas Bondowoso. Edukais: Jurnal Pemikiran Keislaman, 3(1), 12-30.

Hosaini, H., & Kurniawan, S. (2019). Manajemen Pesantren dalam Pembinaan Umat. Edukais: Jurnal Pemikiran Keislaman, 3(2), 82-98.

Muis, A., Eriyanto, E., & Readi, A. (2022). Role of the Islamic Education teacher in the Moral Improvement of Learners. At-Tarbiyat: Jurnal Pendidikan Islam, 5(3).

Halim, A., Hosaini, H., Zukin, A., & Mahtum, R. (2022). PARADIGMA ISLAM MODERAT DI INDONESIA DALAM MEMBENTUK PERDAMAIAN DUNIA. JISMA: Jurnal Ilmu Sosial, Manajemen, dan Akuntansi, 1(4), 705-708.

Zukin, A., & Firdaus, M. (2022). Development Of Islamic Religious Education Books With Contextual Teaching And Learning. At-Tarbiyat: Jurnal Pendidikan Islam, 5(1).

Hosaini, H., Zikra, A., & Muslimin, M. (2022). EFFORTS TO IMPROVE TEACHER'S PROFESSIONALISM IN THE TEACHING LEARNING PROCESS. Al-Risalah: Jurnal Studi Agama dan Pemikiran Islam, 13(2), 265-294.

Salikin, H., Alfani, F. R., & Sayfullah, H. (2021). Traditional Madurese Engagement Amids the Social Change of the Kangean Society. RETORIKA: Jurnal Ilmu Bahasa, 7(1), 32-42.

Hosaini, H., & Fikro, M. I. (2021). PANCASILA SEBAGAI WUJUD ISLAM RAHMATAN LI AL-ALAMIIN. Moderation| Journal of Islamic Studies Review, 1(1), 91-98.

Hosaini, H. (2020). Ngaji Sosmed Tangkal Pemahaman Radikal melalui Pendampingan Komunitas Lansia dengan sajian Program Ngabari di Desa Sukorejo Sukowono Jember. As-Sidanah: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 159-190.

Agustin, Y. D., Hosaini, H., & Agustin, L. (2021). ANALYSIS OF THE IMPACT OF EARLY MARRIAGE ON ADOLESCENT REPRODUCTIVE HEALTH BASED ON HEALTH PERSPECTIVES AND ISLAMIC RELIGION. UNEJ e-Proceeding, 103-107.

Hosaini, H., & Kamiluddin, M. (2021). Efektivitas Model Pembelajaran Means-Ends Analysis (MEA) dalam meningkatkan Keterampilan Komunikasi Interpersonal dan Pemecahan Masalah pada mata pelajaran Fikih. Edukais: Jurnal Pemikiran Keislaman, 5(1), 43-53.

Hosaini, H. (2020). PEMBELAJARAN DALAM ERA “NEW NORMAL” DI PONDOK PESANTREN NURUL QARNAIN JEMBER TAHUN 2020. LISAN AL-HAL: Jurnal Pengembangan Pemikiran dan Kebudayaan, 14(2), 361-380.

Downloads

Published

2023-03-05