Implementasi Program Literasi di Lingkungan Karanganyar, Kecamatan Kaliwates, Kabupaten Jember

Authors

  • Danisya Aulia Universitas Jember
  • Ahmad Nur Faizal Universitas Jember
  • Moch. Ilham Noer Sunan Universitas Jember
  • Muzayyanah Muzayyanah Universitas Bondowoso, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.61595/dedication.v2i2.674

Keywords:

literasi, pendidikan, pengabdian, motivasi

Abstract

Abstract: Pendidikan merupakan hal utama yang perlu didapatkan serta menjadi kebutuhan vital bagi keberlangsungan hidup seluruh manusia. Pendidikan didapat dengan berupaya memahami kegiatan dasar seperti melaksanakan literasi melalui berbagai media. Literasi perlu dilaksanakan dengan melihat kondisi masyarakat yang memiliki kecerdasan intelektual dan minat baca yang rendah. Hal itu sesuai dengan kondisi masyarakat yang berada di Lingkungan Karanganyar, Kecamatan Kaliwates, Kabupaten Jember di mana terdapat beberapa pemuda yang putus sekolah dan juga memiliki tingkat motivasi yang rendah dalam menuntut ilmu. Oleh karena itu, perlu adanya upaya untuk melaksanakan peran sebagai agent of change melalui kegiatan pengabdian yang dilakukan. Pengabdian tersebut dilakukan melalui beberapa program yang berfokus pada ranah literasi seperti pelaksanaan literasi mingguan, sosialisasi, hingga adanya kreasi literasi yang dilakukan dengan pemuda sebagai mitra sasaran.

References

Bappenas. 2007. Mekanisme Pelaksanaan Evaluasi Kinerja degan Penyusunan Indikator dan Sasaran Jakarta: Bappenas.

Clay, M.M. 2001. Change Over Time in Children;s Literacy Development. Portsmouth: Heinemann.

Kern, R. 2000. Literacy and Language Teaching. Oxford: Oxford University Press.

Siallagan, DF. 2011. Fungsi dan Peranan Mahasiswa. www.academia.edu. Diakses pada 3 September 2021.

Soelaman Joesoef. 1992. Konsep Dasar Pendidikan Non Formal. Jakarta: Bumi Aksara.

Suharto, E. (2005). Membangun Masyarakat Memberdayakan Rakyat. PT. Redika Tama.

Downloads

Published

2022-10-21