Coaching Clinic Pembentukan Karakter Jiwa Wirausaha Berbasis Agribisnis Melalui Program WMK-MBKM Mahasiswa Di Universitas Bondowoso
DOI:
https://doi.org/10.61595/dedication.v3i1.686Keywords:
coaching clinic; wirausaha; mahasiswaAbstract
Coaching clinic merupakan sarana pembentukan karakter wirausaha bagi mahasiswa universitas bondowoso. Salahsatu kegiatan coaching clinic ini adalah program wmk-mbkm yang diselenggarakan oleh kemendikbuddikti. Terdapat beberapa tahapan kegiatan yang dilakukan oleh mahasiswa Universitas Bondowoso diantaranya adalah EDC, Inkubasi Bisnis, Boot Camp, Pitch deck dan Uji kompetensi. Semua kegiatan ini dilakukan dan berjalan dengan lancar. Hasil dari kegiatan ini mahasiswa telah mampu menciptakan produk baru dan prototype Bisnis usaha berupa Keripik Temple.Q, Asam Amino (pupuk organik), Kopilaga (Kopi Arabika dengan Kapulaga) dan Nasi Hijau Organik.
References
Kaswan. 2012. Manajmen Sumbrdaya Manusia untuk Keunggulan Bersaing. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Rusmana, dkk. 2021.SSosialisasi Aktivitaa Fisik Untuk Meningkatkan Imunitas Tubh Dimasa Pandemi Covid-19 di Pondok Pesantren Mabdaul Uluum Kabupaten Garut. Junal Aksara Raga, 3(1), 30-32.
Hosaini, H. (2020). Pembelajaran dalam era “new normal” di pondok pesantren Nurul Qarnain Jember tahun 2020. LISAN AL-HAL: Jurnal Pengembangan Pemikiran dan Kebudayaan, 14(2), 361-380.
Hosaini, H., & Samsudi, W. (2020). Menakar Moderatisme antar Umat Beragama di Desa Wisata Kebangsaan. Edukais: Jurnal Pemikiran Keislaman, 4(1), 1-10.
Agustin, Y. D., Hosaini, H., & Agustin, L. (2021). ANALYSIS OF THE IMPACT OF EARLY MARRIAGE ON ADOLESCENT REPRODUCTIVE HEALTH BASED ON HEALTH PERSPECTIVES AND ISLAMIC RELIGION. UNEJ e-Proceeding, 103-107.
Hosaini, H., & Kamiluddin, M. (2021). Efektivitas Model Pembelajaran Means-Ends Analysis (MEA) dalam meningkatkan Keterampilan Komunikasi Interpersonal dan Pemecahan Masalah pada mata pelajaran Fikih. Edukais: Jurnal Pemikiran Keislaman, 5(1), 43-53.
Muslimin, M., & Hosaini, H. (2019). KONSEP PENDIDIKAN ANAK MENURUT AL-QUR’AN DAN HADITS. Edupedia: Jurnal Studi Pendidikan dan Pedagogi Islam, 4(1), 67-75.
Hosaini, H. (2020). Integrasi Konsep Keislaman Yang Rahmatan Lil ‘Alamin Menangkal Faham Ekstremisme Sebagai Ideologi Beragama Dalam Bingkai Aktifitas Kegiatan Keagmaan Mahasiswa Di Kampus Universitas Bondowoso. Edukais: Jurnal Pemikiran Keislaman, 3(1), 12-30.
Muis, A., Eriyanto, E., & Readi, A. (2022). Role of the Islamic Education teacher in the Moral Improvement of Learners. At-Tarbiyat: Jurnal Pendidikan Islam, 5(3).
Zukin, A., & Firdaus, M. (2022). Development Of Islamic Religious Education Books With Contextual Teaching And Learning. At-Tarbiyat: Jurnal Pendidikan Islam, 5(1).
Halim, A., Hosaini, H., Zukin, A., & Mahtum, R. (2022). PARADIGMA ISLAM MODERAT DI INDONESIA DALAM MEMBENTUK PERDAMAIAN DUNIA. JISMA: Jurnal Ilmu Sosial, Manajemen, dan Akuntansi, 1(4), 705-708.
Ansori. 2013. Ulumul Qur’an. PT. Raja W. Jakarta.
B, Parno. 2022. “PEMANFAATAN MUSALLA AL-BAROKAH SEBAGAI SARANA PENINGKATAN AKHLAKUL KARIMAH SISWA.” Al-Qalam: Jurnal Imiah Pendidikan Islam 1 (1): 23–32. https://jurnalalqalam.com/index.php/alqalam/article/view/8
Hosaini, H., & Erfandi, E. (2017). Studi Komparasi Konsep Pendidikan Karakter Menurut KH. Hasyim Asy’ari dan Ki Hadjar Dewantara. Edukais: Jurnal Pemikiran Keislaman, 1(1), 1-36.
Hosaini, H. (2018). Strategi Guru PAI dalam Meningkatkan Kecerdasan Spiritual Peserta Didik. Edukais: Jurnal Pemikiran Keislaman, 2(1), 65-83.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Weni Indah Doktri A.T, Eko Soemarjono, M. Tubi Heryandi, Samsul Arifin

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.