Dukungan Sosial Kepada Lansia di Panti Sosial Tresna Werda Bondowoso

Authors

  • Susilowati Susilowati Universitas Bondowoso, Bondowoso, Indonesia
  • Abu Sofyan Universitas Bondowoso, Indonesia
  • Suaidi Suaidi Universitas Bondowoso, Indonesia
  • Lilik Puja Rahayu Universitas Bondowoso, Indonesia
  • Damon Wicaksi Universitas Bondowoso, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.61595/dedication.v3i1.691

Keywords:

sosial,lansia, panti

Abstract

Lansia yang tinggal di Panti sosial Tresna Werda ( PSTW ) sebagian besar tidak mempunyai keluarga atau lansia yang tidak mendapat pemperhatikan keluarga. Lansia di PSTW merasa sedih karena kehilangan dukungan keluarga   Lansia di PSTW juga  mengalami dampak pandemi dimana kurangnya aktivitas sosial sehingga mengalami sedih yang berkepanjangan.Pada penelitian Abu Sofyan Ain pada bulan Mei 2022   lansia di PSTW Bondowoso yang mengalami depresi tingkat sedang sebanyak 56% , salah satu penyebabnya adalah kurang dukungan sosial akibat pandemi covid-19 yang cukup lamaTema pengabdian kepada masyarakat di PSTW adalah “Pemberian dukungan sosial melalui aktivitas kelompok dan hiburan pada lansia “ dengan tujuan meningkatkan kemampuan kemandirian lansia sekaligus memenuhi kebutuhan psikososial dan hiburan.Waktu pelaksanaan tanggal 20-21 Mei 2022 dengan sasaran  Lansia yang tidak perawatan total, berjumlah 31 orang. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat melalui aktivitas kelompok dan pemberian hiburan pada lansia cukup mendapat respon perasaan senang yang disampaikan lansia dan perlu ditindaklanjuti dengan pemeriksaan kesehatan kembali oleh tenaga profesional

References

Ain Sofyan Abu ( 2022), Perbedaan Tingkat Depresi Lansia yang tinggal di PSTW dengan yang tinggal di rumah , Jurnal Progresif , Vol 10 No 2 Tahun 2023

Ibrahim, A. S. (2011). Gangguan Alam Perasaan. Tangerang: Jelajah Nusa.

Yayasan Gerontologi Abiyoso Propinsi Jawa Timur. (2009). Dwi Windu Yayasan Gerontologi Abiyoso Propinsi Jawa Timur.

Pae Kristina (2017) ,Perbedaan Tingkat Depresi Lansia di Panti Werda dengan Bersama Keluarga di Rumah, Jurnal Ners LENTERA, Vol.5 No.1 Tahun 2017

Undang-Undang No. 13 Tahun 1998 tentang Kesejahteraan Sosial Usia Lanjut.

Undang-Undang Nomor 6 Tahun 1974 tentang ketentuan-ketentuan pokok kesejahteraAgustin, Y. D., Hosaini, H., & Agustin, L. (2021). ANALYSIS OF THE IMPACT OF EARLY MARRIAGE ON ADOLESCENT REPRODUCTIVE HEALTH BASED ON HEALTH PERSPECTIVES AND ISLAMIC RELIGION. UNEJ e-Proceeding, 103-107.

Hosaini, H., & Kamiluddin, M. (2021). Efektivitas Model Pembelajaran Means-Ends Analysis (MEA) dalam meningkatkan Keterampilan Komunikasi Interpersonal dan Pemecahan Masalah pada mata pelajaran Fikih. Edukais: Jurnal Pemikiran Keislaman, 5(1), 43-53.

Muslimin, M., & Hosaini, H. (2019). KONSEP PENDIDIKAN ANAK MENURUT AL-QUR’AN DAN HADITS. Edupedia: Jurnal Studi Pendidikan dan Pedagogi Islam, 4(1), 67-75.

Hosaini, H. (2020). Integrasi Konsep Keislaman Yang Rahmatan Lil ‘Alamin Menangkal Faham Ekstremisme Sebagai Ideologi Beragama Dalam Bingkai Aktifitas Kegiatan Keagmaan Mahasiswa Di Kampus Universitas Bondowoso. Edukais: Jurnal Pemikiran Keislaman, 3(1), 12-30.

Muis, A., Eriyanto, E., & Readi, A. (2022). Role of the Islamic Education teacher in the Moral Improvement of Learners. At-Tarbiyat: Jurnal Pendidikan Islam, 5(3).

Zukin, A., & Firdaus, M. (2022). Development Of Islamic Religious Education Books With Contextual Teaching And Learning. At-Tarbiyat: Jurnal Pendidikan Islam, 5(1).

Halim, A., Hosaini, H., Zukin, A., & Mahtum, R. (2022). PARADIGMA ISLAM MODERAT DI INDONESIA DALAM MEMBENTUK PERDAMAIAN DUNIA. JISMA: Jurnal Ilmu Sosial, Manajemen, dan Akuntansi, 1(4), 705-708.

Ansori. 2013. Ulumul Qur’an. PT. Raja W. Jakarta.

B, Parno. 2022. “PEMANFAATAN MUSALLA AL-BAROKAH SEBAGAI SARANA PENINGKATAN AKHLAKUL KARIMAH SISWA.” Al-Qalam: Jurnal Imiah Pendidikan Islam 1 (1): 23–32. https://jurnalalqalam.com/index.php/alqalam/article/view/8

Hosaini, H., & Erfandi, E. (2017). Studi Komparasi Konsep Pendidikan Karakter Menurut KH. Hasyim Asy’ari dan Ki Hadjar Dewantara. Edukais: Jurnal Pemikiran Keislaman, 1(1), 1-36.

Hosaini, H. (2018). Strategi Guru PAI dalam Meningkatkan Kecerdasan Spiritual Peserta Didik. Edukais: Jurnal Pemikiran Keislaman, 2(1), 65-83.

Downloads

Published

2023-04-21