Pendampingan Sebiji Kopi Seribu Arti dalam Meningkatkan Branding dan Legalitas di Desa Sumber Gading Bondowoso
DOI:
https://doi.org/10.61595/dedication.v3i1.696Keywords:
Kata Kunci: Sebiji Kopi Seribu Arti, Branding, LegalitasAbstract
ABSTRAK
Kegiatan Pendampingan terhadap Sebiji Kopi Seribu Arti dalam meningkatkan Branding dan Legalitas di Desa Sumber Gading Bondowoso ini bertujuan meningkatkan kualitas UMKM karena dalam branding produk dilakukan pengembangan seperti diversifikasi produk, marketing, desain produk yang dimodifikasi agar menjadi nilai tambah untuk pragram Sebiji Kopi Seribu Arti. Kegiatan peningkatan branding tersebut dilakukan dengan tiga tahap yaitu yang pertama, desain logo, desain kemasan dan juga social media marketing. Pembuatan logo untuk produk bertujuan agar produk mudah dikenal dan mempunyai ciri khas atau citra tersendiri. Proses desain kemasan dilakukan untuk meningkatkan daya tarik konsumen, karena dengan kemasan yang menarik bisa mempunyai daya jual tinggi. Selanjutnya yaitu social media marketing yang dilakukan agar program Sebiji Kopi Seribu Arti di Desa Sumber Gading Bondowoso dapat terjangkau di luar daerah Sumber Gading dan meningkatkan penjualan. Legalitas usaha adalah salah satu komponen penting bagi pelaku UMKM karena legalitas usaha menjadi sebuah bukti bahwa suatu usaha telah layak dan lolos dari aspek-aspek yang membuat produk itu dapat dipastikan keamanannya. Salah satu perizinan dalam sebuah usaha adalah Nomor Induk Berusaha (NIB) dan Sertifikat Halal yang dapat membantu para pelaku usaha dalam mengajukan izin usaha dan izin komersial atau operasional.
References
Ika Wulandari and Martinus Budiantara, Pembuatan Nomor Induk Berusaha (NIB) Melalui Online Single Submission. Dinamisia: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(2), pp.386-394, 2022.
Najib, M., Februadi, A., Djatnika, T., Rafdinal, W., Lasambouw, C. and Nuryati, N., Inovasi Desain Kemasan (Packaging) sebagai Faktor Peningkatan Daya Saing Produk UMKM. DINAMISIA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, Vol. 6, No. 1, pp.56-64, 2022.
Prameswari, N, Strategi Branding Melalui Inovasi Desain Kemasan Bagi Home Industry Sabun Cair. Desain Komunikasi Visual, Manajemen Desain dan Periklanan (Demandia), 3(02), p.179, 2018.
Rahmat Gunawan, Rini Malfiany and Hamdan Yosep Pane, Penerapan Digital Marketing Sebagai Strategi Pemasaran Ukm Rempeyek Nok Uus dengan video Cinematic didukung Motion Grafis. Pixel: Jurnal Ilmiah Komputer Grafis, 14 (1), pp.25-36, 2021.
Saputra, D. and Ulyana, D., Pelatihan Pembuatan Design Logo Sebagai Upaya Menanamkan Kesadaran Merek Bagi Pelaku UMKM di Kecamatan Air Itam. IKRAITH-ABDIMAS, Vol 4 No 1, pp.74-80, 2021.
Maktumah, L., Minhaji, M., & Hosaini, H. (2023). Manajemen Konflik: Sebuah Analisis Sosiologis dalam Pengembangan Pendidikan Islam. Attractive: Innovative Education Journal, 5(2), 684-699.
Hosaini, H., Samsudi, W., Ubaidillah, U., & Muzayyahah, M. (2023). MUDHARABAH FINANCING RISK MANAGEMENT ANALYSIS STUDY AT BMT SIDOGIRI BONDOWOSO BRANCH. Al-Risalah: Jurnal Studi Agama dan Pemikiran Islam, 14(2), 449-470.
Hosaini, H., Kholida, S., & Hadi, A. (2023). Pengembangan Pembelajaran PAI dengan CTL Untuk Mengurangi Kenakalan Siswa Di SDN 1 Banyuputih. Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Al-Amin, 2(1), 76-98.
Badruzaman, A., Hosaini, H., & Halim, A. (2023). Bureaucracy, Situation, Discrimination, and Elite in Islamic Education Perspective of Digital Era. Bulletin of Science Education, 3(3), 179-191.
Taan, H., Radji, D. and Rasjid, H., Social Media Marketing Untuk Meningkatkan Brand Image. SEIKO : Journal of Management & Business, Volume 4 Issue 1, pp.315-330, 2021
Fikro, M. I. (2021). Negara Indonesia Persfektif Islam: Sebagai Bentuk Penguatan Wawasan Kebangsaan. Moderasi: Journal of Islamic Studies, 1(2), 165-181.
Hosaini, H., Manan, M. A., & Isnanto, D. (2023). Analisis Kinerja Guru Profesional Sertifikasi terhadap Kegiatan Pendidikan di Lingkungan Pondok Pesantren. Attractive: Innovative Education Journal, 5(3), 123-128.
Veranita, M., Alma Malik, L. Dan Ikhsan, S., Pemanfaatan Pemasaran Melalui Media Sosial Oleh UMKM Di Era Pandemi. Coopetition: Jurnal Ilmiah Manajemen, 13 (1), pp. 89-96, 2022.
Ruzakki, H. (2021). PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN FIQIH DENGAN MODEL COOPERATIVE LEARNING KELAS III MADRASAH IBTIDAIYAH SALAFIYAH SYAFI'IYAH SUKEREJO. JOEL: Journal of Educational and Language Research, 1(2), 175-192.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 ubaidillah mansur, Hosaini Hosaini, Wifa’ul Mubaiyin, silvinna Billah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.