PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI KULIAH KERJA NYATA

Authors

  • Dwi Rizki Nabila Nasution 5Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Indonesia
  • Apriliani Yuningsih Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Indonesia
  • Haliza Jewina Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Indonesia
  • Athifa Radella Tabina Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Indonesia
  • Khairina Tambunan Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Indonesia

Keywords:

Pengabdian, Keterampilan, Pengalaman

Abstract

 Kerja Nyata (KKN) merupakan salah satu bentuk implementasi Tri Dharma Perguruan Tinggi yang melibatkan mahasiswa dalam pengabdian masyarakat untuk mengaplikasikan ilmu yang diperoleh di bangku kuliah. KKN bertujuan untuk mengembangkan keterampilan mahasiswa, meningkatkan relevansi pendidikan dengan kebutuhan masyarakat, serta mempererat hubungan antara perguruan tinggi dan masyarakat. Artikel ini membahas pelaksanaan KKN oleh kelompok 23 dari Universitas Islam Negeri Sumatera Utara di Desa Pelanggiran, Kecamatan Laut Tador, Kabupaten Batu Bara, dari 25 Juli hingga 25 Agustus 2024. Kegiatan yang dilakukan meliputi pencegahan stunting, penyuluhan perencanaan keuangan keluarga, moderasi beragama melalui lomba islami, pembuatan batik jumputan, dan bimbingan belajar. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini termasuk wawancara dan observasi. Hasilnya menunjukkan bahwa KKN memberikan dampak positif bagi masyarakat, meningkatkan pengetahuan dan keterampilan mereka, serta mempererat hubungan komunitas. Kegiatan ini juga memberikan mahasiswa pengalaman berharga dalam menghadapi tantangan nyata di lapangan.

References

Ahmad, F. (1997). Pedoman Pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata (KKN). In Prosiding Seminar Nasional PGSD UST (Vol. 1, Issue 1). Rineka Cipta.

Minhaji, M., Hosaini, H., Prasetiyo, N. T., Maktumah, L., & Alehirish, M. H. M. (2024). Responsive Islamic Education in Exploring Social Values Through the War Takjil Phenomenon: Sociological Perspective in Indonesia. JURNAL INDO-ISLAMIKA, 14(1), 51-61.

Amrulloh, A., Rahmawati, A. E., & Finisya3, M. A. (2024). Article HisPENGABDIAN MASYARAKAT MELALUI PROGRAM KERJA KULIAH KERJA NYATA (KKN) DI DESA KUNDEN KECAMATAN KARANGANOM KABUPATEN KLATEN Aziztory: Received: July 15. Jurnal GEMBIRA (Pengabdian Kepada Masyarakat), 2(4), 1468–1478.

Hosaini, H., Fitri, A. Z., Kojin, K., & Alehirish, M. H. M. (2024). The Dynamics of the Islamic Education System in Shaping Character. Edukasia: Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 19(1), 79-98.

Awaluddin, L. (2020). Berdamai Dengan Wabah. LP2M UINSGB Bandung.

Dedi, Lazwardi. (2017). Manajemen Kurikulum Sebagai Pengembangan Tujuan Pendidikan. "Al-Idarah: Jurnal Kependidikan Islam, 7(1), 99-122.

Fatmawati, dkk. (2021). Meningkatkan Motivasi Belajar Al-Qur'an Dengan Sistem Mapato' Di Kelurahan Buakana. 1(2), 98.

Galuh, F., Supriyono, & Fajar, N. (2015). Rancang Bangun Sistem Informasi Kuliah Kerja Nyata (Kkn) Pada Universitas Muria Kudus. Jurnal SIMETRIS, 6(1), 129–136.

Hosaini, H., Kandiri, K., Minhaji, M., & Alehirish, M. H. M. (2024). Human Values Based on Pancasila Viewed from Islamic Education. Al-Hayat: Journal of Islamic Education, 8(2), 539-549.

Qomar, M., & Fitri, A. Z. (2024). Innovative Learning Strategies for Islamic Religious Education Based on Merdeka Belajar Curriculum in Vocational High Schools. Al-Hayat: Journal of Islamic Education, 8(3), 966-981.

Hilal, F., Kadir, F., & Sarmila, E. (2021). Meningkatkan Motivasi Belajar Al-Qur’an Dengan Sistem Mapato’ Di Kelurahan Buakana. Pangulu Abdi: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 97–106. https://doi.org/10.24252/pangabdi.v1i2.28527

Irfan Syauqi Beik dan Layli Dwi Arsyanti. (2016). Ekonomi Pembangunan Syariah. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada, 129.

Joko, N. H. (2005). Urgensi Pengembangan SDM Berbasis Kompetensi. Jurnal Administrasi Bisnis, 1(2), 51-58.

Megawati, M., & Nurfitri, N. (2023). Peran Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (Kkn) Dalam Bidang Pendidikan Sebagai Wujud Pengabdian Di Desa Air Terjun. SWARNA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 204–208. https://doi.org/10.55681/swarna.v2i2.307

Muhiyatul Huliyah. (2016). "Hakikat Pendidikan Anak Usia Dini". as-sibyan, 1(1), 60-71.

Rafi, S., Besari, N., Aselina, I., M, P. R. A., L, E. P. P., Mara, A., Caesar, D., Hukum, F., Pembangunan, U., Veteran, N., & Timur, J. (2024). Jurnal Kajian Hukum dan Pendidikan Kewarganegaraan http://jurnal.anfa.co.id Bulan,7Tahun 2024 Vol 3 , No1 . 3(3), 1–7.

Yusron, M. A., & Qomar, M. (2024, November). The Concept of Islamic Educational Supervision in Developing Multicultural Education. In Proceeding of International Conference on Language Pedagogy (ICOLP) (Vol. 4, No. 1, pp. 210-221).

Sodik, F. (2020). Pendidikan Toleransi dan Relevansinya Dengan Dinamika Sosial Masyarakat Indonesia. Tsamratul Fikri, 14(1), 1-14.

Supriadi, S., Hosaini, H., & Sain, Z. H. (2024). Transformation of Literacy-Based Islamic Education Learning Management Integration in Elementary Schools. International Journal of Social Learning (IJSL), 5(1), 294-304.

Cahyono, C., Judijanto, L., Hutahaean, E. S. H., Nisa, U. W., Mulyadi, M., & Hosaini, H. (2024). Pesantren Education as Indonesia's Indigenous Heritage: Nurturing Moral Education in the Digital Era. At-Ta'dib, 19(1), 177-193.

Ruzakki, H., Zainuddin, Z., Hosaini, H., & Heryandi, M. T. (2024). Analisis Habituasi Ratib Al Haddad dalam Meningkatkan Kecerdasan Emosional dan Spiritual. Jurnal Keislaman, 7(2), 459-474.

Syahbanuddin, H., Nizar, M. A. K., Wildana, A., & Ayunda, C. T. (2024). SOSIAL DAN EMPATI MAHASISWA ( STUDI KASUS MAHASISWA STAI TEBING TINGGI DELI ). Inovasi (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 1(2), 19–26.

Syardiansah, S. (2019). Peranan Kuliah Kerja Nyata Sebagai Bagian Dari Pengembangan Kompetensi Mahasiswa. JIM UPB (Jurnal Ilmiah Manajemen Universitas Putera Batam), 7(1), 57–68. https://doi.org/10.33884/jimupb.v7i1.915

Hosaini, H., & Supaedi, S. (2018). Strategi Guru Dalam Peningkatanan Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadist. Edukais: Jurnal Pemikiran Keislaman, 2(1), 55-65.

Wulandari, C. E. P., Sugiatno, S., & Siswanto, S. (2020). Dampak Kuliah Kerja Nyata Dalam Pengembangan Keagamaan Bagi Remaja. FOKUS Jurnal Kajian Keislaman Dan Kemasyarakatan, 5(2), 221. https://doi.org/10.29240/jf.v5i2.1830

Downloads

Published

2024-12-26

Issue

Section

Articles