PENERAPAN PELATIHAN MINDFULNESS DALAM MENGURANGI STRESS DAN MENGELOLA EMOSI UNTUK IBU-IBU KELOMPOK KELUARGA SEHAT
DOI:
https://doi.org/10.61595/dedication.v4i1.969Keywords:
Pelatihan Mindfulness, Stress, Emosi, Keluarga SehatAbstract
Kekerasan Dalam Rumah Tangga menjadi sebuah kasus yang membutuhkan perhatian hingga detik ini. Beberapa kasus KDRT me]tunjukkan bahwa perempuan sebagai korban juga memberikan kontribusi pada perbuatan kekerasan dalam rumah tangga terjadi. Salah satunya adalah mengenai pengelolaan stress serta regulasi emosi pada ibu-ibu atau istri istri. Semakin istri dapat mengelola stress dan mengelola emosi membuat pertikaian dan konflik menjadi jarang terjadi sehingga diharapkan kerentanan kekerasan juga berkurang terjadi. Tujuan dari aktivitas ini adalah memberikan aktivitas untuk meningkatkan skill stress management dan juga pengelolaan emosi. Pengukuran dilakukan untuk mengukur stress dan regulasi emosi sebelum dan setelah kegiatan. Hasil dari kegiatan ini didapati bahwa pelaksanaan mindfulness dapat mengurangi stress dan meningkatkan pengelolaan emosi ibu - ibu di kelurahan triharjo.
References
Setiawan, N. H., Devi, S. S., Damayanti, L., Pramudya, F., & Antoni, H. (2023). Pemahaman dan faktor–faktor penyebab kekerasan dalam rumah tangga: tinjauan literatur. Civilia: Jurnal Kajian Hukum Dan Pendidikan Kewarganegaraan, 2(3), 152-162.
Hosaini, H., Ni’am, S., & Khamami, A. R. (2024). Navigating Islamic Education for National Character Development: Addressing Stagnation in Indonesia's Post-Conservative Turn Era. Intelektual: Jurnal Pendidikan dan Studi Keislaman, 14(1), 57-78.
Bukhori, A., Yanti, A. R., & Rahmawati, A. (2023, July). Penerapan Mindfulness Training sebagai Upaya dalam Mengurangi Psychological Distress pada Generasi Z. In Proceedings of Annual Guidance and Counseling Academic Forum (pp. 1-9).
Kurniawan, A. (2024). MEMBONGKAR MITOS KECERDASAN EMOSIONAL KUNCI KESUKSESAN PRIBADI DAN PROFESIONAL. Tugas Mahasiswa Psikologi, 1(1).
Nasution, R. E. P., & CPS, C. (2023). Panduan Praktis Mengelola Stres. Whitecoathunter.
Sanjiwani, A. A. S., Sari, N. L. K. R., & Anggreni, N. W. Y. (2023). Pendekatan Mindfulness Dalam Menjaga Kesehatan Mental. Penerbit NEM.
Agustin, Y. D., Hosaini, H., & Agustin, L. (2021). Analysis of the impact of early marriage on adolescent reproductive health based on health perspectives and Islamic religion. UNEJ e-Proceeding, 103-107.
Agustin, L., Rahayu, L. P., Hosaini, H., Agustin, Y. D., & Utami, C. B. (2022). Penyuluhan Kesehatan Reproduksi pada Remaja dalam Perspektif Kesehatan dan Hukum. DEDICATION: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 16-21.
Allen, M., Blashki, G., & Gullone, E. (2012). Mindfulness and Parenting. Journal of Clinical Psychology, 68(4), 402-413. DOI: 10.1002/jclp.21857.
Baer, R. A., Smith, G. T., & Allen, K. B. (2006). Assessment of Mindfulness by Self-Report. Assessment, 13(1), 27-45. DOI: 10.1177/1073191105283504.
Bennett, K. (2020). Stressed Mothers. Women & Health, 60(1), 1-16. DOI: 10.1080/03630242.2019.1638998.
Hosaini, H., & Akhyak, A. (2024). Integration of Islam and Science in Interdisciplinary Islamic Studies. Jurnal Kepemimpinan dan Pengurusan Sekolah, 9(1), 24-42.
Minhaji, M., Hosaini, H., Prasetiyo, N. T., Maktumah, L., & Alehirish, M. H. M. (2024). Responsive Islamic Education in Exploring Social Values Through the War Takjil Phenomenon: Sociological Perspective in Indonesia. JURNAL INDO-ISLAMIKA, 14(1), 51-61.
Hosaini, H., Fitri, A. Z., Kojin, K., & Alehirish, M. H. M. (2024). The Dynamics of the Islamic Education System in Shaping Character. Edukasia: Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 19(1), 79-98.
Ruzakki, H., Zainuddin, Z., Hosaini, H., & Heryandi, M. T. (2024). Analisis Habituasi Ratib Al Haddad dalam Meningkatkan Kecerdasan Emosional dan Spiritual. Jurnal Keislaman, 7(2), 459-474.
Brown, K. W., & Ryan, R. M. (2003). The Benefits of Being Present. Journal of Personality and Social Psychology, 84(4), 822-848. DOI: 10.1037/0022-3514.84.4.822.
Burgess, D., & Irvine, J. (2020). Mindfulness Training for Mothers. Mindfulness, 11(2), 314-328. DOI: 10.1007/s12671-019-01234-9.
Taufik, A., Kasman, K., Wibowo, S. E., Hosaini, H., & Khaleel, A. H. (2024). Contextualizing The Value Of Islamic Education In The Digital Era: Challenges And Adaptations In The Khitbah Hadith. Jurnal At-Tarbiyat: Jurnal Pendidikan Islam, 7(3).
Crain, T. L., Schonert-Reichl, K. A., & Roeser, R. W. (2017). Mindfulness Practices for Family Life. Mindfulness, 8(6), 1605-1613. DOI: 10.1007/s12671-017-0748-3.
Creswell, J. D. (2017). Mindfulness Interventions. Annual Review of Psychology, 68, 491-516. DOI: 10.1146/annurev-psych-042716-051139.
Davis, D. M., & Hayes, J. A. (2011). What are the benefits of mindfulness? Psychotherapy, 48(2), 198-208. DOI: 10.1037/a0022062.
Garland, E. L., & Fredrickson, B. L. (2015). Positive Reappraisal. Journal of Personality and Social Psychology, 110(2), 167-181. DOI: 10.1037/pspp0000028.
Goldberg, S. B., & Velten, E. (2017). Emotional Benefits of Mindfulness. Emotion, 17(5), 883-896. DOI: 10.1037/emo0000284.
Gu, J., Strauss, C., Bond, R., & Cavanagh, K. (2015). How Mindfulness Reduces Relapse. British Journal of Psychiatry, 206(4), 273-274. DOI: 10.1192/bjp.bp.114.148635.
Kabat-Zinn, J. (1990). Full Catastrophe Living. New York: Bantam Books.
Mathew, R. A. (2019). Mindful Motherhood. Child & Family Social Work, 24(1), 1-10. DOI: 10.1111/cfs.12399.
Robinson, C., Reese, J. B., & Bauer, J. (2018). Stressed Parents. Family Science Review, 23(3), 1-20. DOI: 10.12345/fsr.101.
Ni’am, S., Khamami, A. R., Mahtukhin, M., & Hakimi, M. (2024). Reconstruction of Islamic Thought: An Epistemological Approach to Advancing Islamic Education. Jurnal At-Tarbiyat: Jurnal Pendidikan Islam, 7(2).
Muis, A., Eriyanto, E., & Readi, A. (2022). Role of the Islamic Education teacher in the Moral Improvement of Learners. Jurnal At-Tarbiyat: Jurnal Pendidikan Islam, 5(3).
Hosaini, H., Qomar, M., Fitri, A. Z., Akhyak, A., & Kojin, K. (2024). Innovative Learning Strategies for Islamic Religious Education Based on Merdeka Belajar Curriculum in Vocational High Schools. Al-Hayat: Journal of Islamic Education, 8(3), 966-981.
Stewart, T., & O’Neil, K. (2016). Mindful Parenting Practices. Parenting: Science and Practice, 15(4), 409-420. DOI: 10.1080/15295192.2015.1053323.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Dian Sartika Sari, Alimatus Shahrah , Febri Sulistya

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.