Implementasi Metode Pembelajaran Al - Qur’an Hadist Kelas XI Kurikulum 2013 terhadap Relevansi Penguatan Nilai-Nilai Karakter Siswa Era Digitalisasi
Abstract
Pendidikan karakter merupakan pendidikan yang bersifat fundamental, dimana pendidikan pada dasarnya adalah upaya untuk meningkatkan kemampuan sumber daya manusia supaya memiliki karakter dan dapat hidup mandiri dengan lebih baik. focus penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan metode pembelajaran digital dalam meningkatkan pemahaman serta sebagai bentuk evaluasi menanamkan nilai-nilai karakter siswa, perlu kiranya menggunakan metode pendekatan kualitatif agar dapat memperoleh dan merekontruksi pemahaman secara empiris. Sebelum itu kita juga perlu memaparkan secara sistematis hasil penelitian mengenai gambaran umum yang berada di MA Nurut Taqwa Grujugan Cermee Bondowoso dapat di simpulkan bahwa, Dalam meningkatkan pembelajaran berbasis digitalisasi pada kurikulum mata pelajaran Al – Qur’an Hadist kelas XI IPA, maka perlu kiranya melakukan relevansi penguatan nilai karakter siswa sehingga dari berbagai media tersebut akan menunjang keberhasilan pembelajaran dalam penerapan metode-metode tersebut. Terkait kerberhasilan dalam mengelola kelas dengan baik bukan hanya di tentukan dari seberapa peran guru mengambil bagian tetapi sangat di pengaruhi oleh seberapa partisipasi dan keaktif peserta didik selama pembelajaran dilaksanakan. Adanya metode pembelajaran tersebut, maka hal ini menjadi salah salah satu solusi untuk menjadikan pembelajaran dapat di akses kapanpun dan di manapun sehingga dapat tercipta hubungan emosional yang baik antara guru dan juga peserta didik saat menerapkan metode pembelajaran berbasis digitalisasi.