Studi Komparasi Konsep Pendidikan Karakter Menurut KH. Hasyim Asy’ari dan Ki Hadjar Dewantara

Authors

  • Hosaini Hosaini Universitas Bondowoso, Indonesia
  • Erfandi Erfandi Universitas Ibrahimy Sukorejo Situbondo, Indonesia

Keywords:

Studi Komparasi, Pendidikan Karakter, Pemikiran KH. Hasyim Asy’ari, Ki Hadjar Dewantara

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konsep pendidikan karakter menurut KH. Hasyim Asy’ari dan Ki Hadjar Dewantara, serta mengetahui relevansi konsep pendidikan karakter dari kedua tokoh tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang bersifat analisis deskriptif, dengan metode komparasi dan jenis penelitian yang digunakan adalah kepustakaan/library research, yaitu pengumpulan data yang bersifat kepustakaan.

Hasil yang diperoleh dari penelitian ini bahwa konsep pendidikan karakter menurut KH. Hasyim Asy’ari adalah upaya membentuk manusia secara utuh baik jasmani maupun rohani, sehingga manusia dapat bertaqwa kepada Allah dengan benar-benar mengamalkan segala perintah-Nya mampu menegakkan keadilan di muka bumi, beramal shaleh dan maslahat, pantas menyandang predikat sebagai makhluk yang paling mulia dan lebih tinggi derajatnya dari segala jenis makhluk Allah yang lain. Adapun konsep pendidikan karakter dalam perspektif Ki Hadjar Dewantara adalah usaha yang bermaksud memberi bimbingan, tuntunan dan arahan bagi tumbuhnya anak didik sesuai dengan kodratnya agar mereka dapat mencapai keselamatan dan kebahagiaan yang setinggi-tingginya. pemikiran konsep pendidikan karakter menurut KH. Hasyim Asy’ari dan Ki Hadjar Dewantara sangat relevan untuk pendidikan saat ini, mengingat beberapa komponen pendidikan karakter di Indonesia meliputi makna dan tujuan pendidikan, makna dan landasan filosofis karakter, serta paradigma pendidikan karakter memiliki keterkaitan yang signifikan. terkait dengan pendidikan karakter pendidik dan anak didik dapat dikatakan sebagai insan kamil, maka harus berpegang teguh kepada tauhid dan moral

References

Aulia Reza Bastian, Reformasi Pendidikan; Langkah-langkah Konsep Sistem dan Pemberdayaan Pendidikan dalam Rangka Desentralisasi Sistem Pendidikan Indosnesia, (Yogyakarta: Lapera Pusta Utama, 2002), 24

Undang-undang system pendidikan Nasional Nomor 20 tahun 2003, Bab III pasal 3.

Undang-undang Dasar 1945 RI dan Amandemen Tahun 2002, bab XIII, pasal 31 ayat: 3

Undang-undang RI Nomor 17 Tahun 2007 tetang Rencana pembangunan Jangka Panjang Nasional 2005-2025

Jangka Panjang Nasional 2005-2025

Liputan6.com, diakses pada tanggal 20 November 2020 pukul 14.13

(http :// www.scribd.com, 28/10/2015), diakses pada tanggal 25 november 2020 pukul 12;30

Haryanto, Jurnal Kurikulum dan Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan UNY, 4, diakses pada tanggal 27 november 2020 pukul 11;32

Undang-undang Sistem Pendidikan Nasional Tahun 2003

Peraturan Presiden No 87 Pasal 2 Tahun 2017

Deny Setiawan, Implementasi Pendidikan Karakter Di Era Global, Prosiding Seminar Nasional Tahunan Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Medan Tahun 2019.

Muhammad Rifai, K. H. Hasyim Asy’ari (Yogyakarta: Ar-Ruzz Media Group, 2010), 85-86

Khaeran Efendi, Studi Pendidikan Akhlak; Studi atas Pemikiran K.H. Hasyim Asy’ari dan Hamka, Tesis (Selat Panjang: STAI NH Selat Panjang, 2010)

S.Margono, Metodelogi Penelitian Pendidikan, (Jakarta: Rineka Cipta, 2007), 39

Nana Syaodih Sukmadinata, Metode Penelitian Pendidikan, (Bandung: Rosdakarya, 2007), .60-61

Muhammad Hasyim Asy’ari, Adab al-‘Alim wa al-Muta’allim (Jombang: Turats al- Islamy, 1415 H), 11

Muhammad Hasyim Asy’ari Adab al-‘Alim Wa al-Muta’allim, 22

Mukani dalam Rifqoh Khasanah, telaah pemikiran hadratussyaikh KH. M. Hasyim Asy’ari tentang pendidikan karakter dalam kitab adâb al-âlim wa al-muta‘allimdan relevansinya dengan sistem pendidikan nasional, Oasis , vol 3. No. 1 (Agustus 2018), 25

Zubaedi, Desain Pendidikan Karakter; Konsepsi dan Aplikasinya dalam Lembaga Pendidikan, (Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2011), 17

Pupuh fathurrohman dkk, Pengembangan Pendidikan Karakter.., 15

Muhammad Jafar Anwar, Membumikan Pendidikan Karakter..,38

Muhammad Hasyim asy’ari, Adab al-‘Alim Wa al-Muta’allim…12-24

Burhanuddin Tamyiz, Akhlak Pesantren; Solusi bagi Kerusakan Pesantren (Yogyakarta: Ittaqa Press, 2001), 102-104

Undang-undang Sistem Pendidikan Nasional , 42

Muhammad Hasyim Asy’ari, Adab al-‘Alim Wa al-Muta’allim…24

Muhammad Hasyim Asy’ari, Adab al-‘Alim Wa al-Muta’allim…24

Muhammad Hasyim Asy’ari, Adab al-‘Alim Wa al-Muta’allim…25

Muhammad Hasyim Asy’ari, Adab al-‘Alim Wa al-Muta’allim…25

Muhammad Hasyim Asy’ari, Adab al-‘Alim Wa al-Muta’allim…25

Muhammad Hasyim Asy’ari, Adab al-‘Alim Wa al-Muta’allim…26

Muhammad Hasyim Asy’ari, Adab al-‘Alim Wa al-Muta’allim…26

Muhammad Hasyim Asy’ari, Adab al-‘Alim Wa al-Muta’allim…27

Muhammad Hasyim Asy’ari, Adab al-‘Alim Wa al-Muta’allim…27

Muhammad Hasyim Asy’ari, Adab al-‘Alim Wa al-Muta’allim…28

Muhammad Hasyim Asy’ari, Adab al-‘Alim Wa al-Muta’allim…29

Muhammad Hasyim Asy’ari, Adab al-‘Alim Wa al-Muta’allim…29

Muhammad Hasyim Asy’ari, Adab al-‘Alim Wa al-Muta’allim…30

Muhammad Hasyim Asy’ari, Adab al-‘Alim Wa al-Muta’allim…30

Muhammad Hasyim Asy’ari, Adab al-‘Alim Wa al-Muta’allim…30

Muhammad Hasyim Asy’ari, Adab al-‘Alim Wa al-Muta’allim…31

Muhammad Hasyim Asy’ari, Adab al-‘Alim Wa al-Muta’allim…32

Muhammad Hasyim Asy’ari, Adab al-‘Alim Wa al-Muta’allim…34

Muhammad Hasyim Asy’ari, Adab al-‘Alim Wa al-Muta’allim…34

Muhammad Hasyim Asy’ari, Adab al-‘Alim Wa al-Muta’allim…36

Muhammad Hasyim Asy’ari, Adab al-‘Alim Wa al-Muta’allim…37

Muhammad Hasyim Asy’ari, Adab al-‘Alim Wa al-Muta’allim…39

Muhammad Hasyim Asy’ari, Adab al-‘Alim Wa al-Muta’allim…43

Muhammad Hasyim Asy’ari, Adab al-‘Alim Wa al-Muta’allim…44

Muhammad Hasyim Asy’ari, Adab al-‘Alim Wa al-Muta’allim…45

Muhammad Hasyim Asy’ari, Adab al-‘Alim Wa al-Muta’allim…46

Muhammad Hasyim Asy’ari, Adab al-‘Alim Wa al-Muta’allim…46

Muhammad Hasyim Asy’ari, Adab al-‘Alim Wa al-Muta’allim…47

Hosaini, H. (2020). Pembelajaran dalam era “new normal” di pondok pesantren Nurul Qarnain Jember tahun 2020. LISAN AL-HAL: Jurnal Pengembangan Pemikiran dan Kebudayaan, 14(2), 361-380.

Samsudi, W., & Hosaini, H. (2020). Kebijakan Sekolah dalam Mengaplikasikan Pembelajaran Berbasis Digital di Era Industri 4.0. Edukais: Jurnal Pemikiran Keislaman, 4(2), 120-125.

Mahtum, R., & Zikra, A. (2022, November). Realizing Harmony between Religious People through Strengthening Moderation Values in Strengthening Community Resilience After the Covid 19 Pandemic. In The 4th International Conference on University Community Engagement (ICON-UCE 2022) (Vol. 4, pp. 293-299).

Hosaini, H., & Samsudi, W. (2020). Menakar Moderatisme antar Umat Beragama di Desa Wisata Kebangsaan. Edukais: Jurnal Pemikiran Keislaman, 4(1), 1-10.

Hosaini, H. (2020). Integrasi Konsep Keislaman Yang Rahmatan Lil ‘Alamin Menangkal Faham Ekstremisme Sebagai Ideologi Beragama Dalam Bingkai Aktifitas Kegiatan Keagmaan Mahasiswa Di Kampus Universitas Bondowoso. Edukais: Jurnal Pemikiran Keislaman, 3(1), 12-30.

Hosaini, H., & Kurniawan, S. (2019). Manajemen Pesantren dalam Pembinaan Umat. Edukais: Jurnal Pemikiran Keislaman, 3(2), 82-98.

Muis, A., Eriyanto, E., & Readi, A. (2022). Role of the Islamic Education teacher in the Moral Improvement of Learners. At-Tarbiyat: Jurnal Pendidikan Islam, 5(3).

Halim, A., Hosaini, H., Zukin, A., & Mahtum, R. (2022). PARADIGMA ISLAM MODERAT DI INDONESIA DALAM MEMBENTUK PERDAMAIAN DUNIA. JISMA: Jurnal Ilmu Sosial, Manajemen, dan Akuntansi, 1(4), 705-708.

Zukin, A., & Firdaus, M. (2022). Development Of Islamic Religious Education Books With Contextual Teaching And Learning. At-Tarbiyat: Jurnal Pendidikan Islam, 5(1).

Hosaini, H., Zikra, A., & Muslimin, M. (2022). EFFORTS TO IMPROVE TEACHER'S PROFESSIONALISM IN THE TEACHING LEARNING PROCESS. Al-Risalah: Jurnal Studi Agama dan Pemikiran Islam, 13(2), 265-294.

Salikin, H., Alfani, F. R., & Sayfullah, H. (2021). Traditional Madurese Engagement Amids the Social Change of the Kangean Society. RETORIKA: Jurnal Ilmu Bahasa, 7(1), 32-42.

Hosaini, H., & Fikro, M. I. (2021). PANCASILA SEBAGAI WUJUD ISLAM RAHMATAN LI AL-ALAMIIN. Moderation| Journal of Islamic Studies Review, 1(1), 91-98.

Hosaini, H. (2020). Ngaji Sosmed Tangkal Pemahaman Radikal melalui Pendampingan Komunitas Lansia dengan sajian Program Ngabari di Desa Sukorejo Sukowono Jember. As-Sidanah: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 159-190.

Agustin, Y. D., Hosaini, H., & Agustin, L. (2021). ANALYSIS OF THE IMPACT OF EARLY MARRIAGE ON ADOLESCENT REPRODUCTIVE HEALTH BASED ON HEALTH PERSPECTIVES AND ISLAMIC RELIGION. UNEJ e-Proceeding, 103-107.

Hosaini, H., & Kamiluddin, M. (2021). Efektivitas Model Pembelajaran Means-Ends Analysis (MEA) dalam meningkatkan Keterampilan Komunikasi Interpersonal dan Pemecahan Masalah pada mata pelajaran Fikih. Edukais: Jurnal Pemikiran Keislaman, 5(1), 43-53.

‘Amir, Najib Khalid al-, Tarbiyah Rasulullah, terj. Ibnu Muhammad dan Fakhruddin Nursyam, cet. ke-4, Jakarta: Gema Insani Press, 2000.

Hosaini, H. (2020). PEMBELAJARAN DALAM ERA “NEW NORMAL” DI PONDOK PESANTREN NURUL QARNAIN JEMBER TAHUN 2020. LISAN AL-HAL: Jurnal Pengembangan Pemikiran dan Kebudayaan, 14(2), 361-380.

Hosaini, H. (2019). Behauvioristik Basid Learning Dalam Bingkai Pendidikan Islam Perspektif Al-Ghazali:(Pembelajaran Berbasis Prilaku Dalam Pandangan Pendidikan Islam). Edukais: Jurnal Pemikiran Keislaman, 3(1), 23-45.

Muslimin, M., & Hosaini, H. (2019). KONSEP PENDIDIKAN ANAK MENURUT AL-QUR’AN DAN HADITS. Edupedia: Jurnal Studi Pendidikan dan Pedagogi Islam, 4(1), 67-75.

Downloads

Published

2017-07-02