Hadis Studi Islam dalam Lensa Kritik: Tinjauan Transformatif Daud Rasyid Terhadap Studi Orientalis

Authors

  • Choirul Huda Maulidin UIN Sunan Ampel Surabaya, Indonesia

Keywords:

Daud Rasyid, hadis, orientalis.

Abstract

Kelompok orientalis berusaha untuk menguasai dan mentakhlukkan agama Islam, dengan mencari kesalahan dan memutarbalikkan kebenaran mengenai al-Qur’an dan Hadis. Dalam artikel ini penulis mencoba untuk mengangkat pemikiran daud rasyid mengenai hadis dan orientalis, dimana pandangannya mengenai hadis Nabi secara umum dan menjadi pedoman yang sangat penting dalam bermasyarakat, karena terdapat suatu masalah atau problem kehidupan dalam masyarakat islam. Banyaknya fenomena-fenomena penyebaran hadis palsu yang ia tuliskan dibuku karyanya yaitu: Islam Dalam Berbagai Dimensi, Pembaruan Islam dan Orientalisme dalam Sorotan, dan Sunnah Di Bawah Ancaman : Dari Snouck Hurgronje Hingga Harun Nasution, juga terdapat artikel yang membahasa mengenai pemikiran Daud Rasyid yaitu: Pemikiran Daud Rasyid Terhadap Upaya Ingkar Sunnah Kelompok Orientalis di Indonesia. Dalam arikel ini penulis menemukan dibuku karya Daud Rasyid mengenai penyebaran hadis palsu, namun bukan hanya hadis saja juga banyaknya kajian-kajian keislaman yang menyimpang, dan bahayanya kajian-kajian tersebut berfokus dan masuk ke dalam lingkungan pendidikan, dengan mencampuradukkan agama dan logika, sehingga membuat umat islam kebingungan, namun adanya sosok daud rasyid yang berjuang meluruskan penyimpangan yang terjadi dikalangan umat islam. Ia mengkritisi pemikiran yang menyimpang, dan selalu mengawasi gerakan dari kelompok penyimpang itu.

References

Al Bukhary, Muhammad Ismail. Shahih Bukhari. Mesir: Dar Tukun Al-Najah, 1422.

Al Fauzi Harlis Yunalis, Syukri. “Studi Orientalis Terhadap Islam Dorongan Dan Tujuan.” Jurnal Al-Aqidah Vol 11 No 1 (Juni 2019).

Bunyan Wahib, Ahmad. Orientalisme dalam Hukum Islam : Kajian Hukum Islam dalam Tradisi Barat. DI Yogyakarta: Magnum Pustaka Utama, 2018.

Fatihunnada, dan Afni Miftah Khoirunnisak. Refleksi. Jakarta: Faculty of Ushuluddin Building, 2020.

H{ajja>j Abu al-H{asan al-Qushayri al-Ni>sa>bu>ri>, Muslim binn. Al-Musnad al-S{ah}i>h> al-Mukhtas}ar binaqli al-‘Adl an al-‘Adl ila> Rasu>l Alla>h S{alla> Alla>h ‘alayhi wasallam. Beirut: Ih{ya>’ al-Tura>th al-‘Arabi, 261M.

Hambal Shafwan, Muhammad. Studi Ilmu hadis (Panduan Lengkap Memahami Ilmu Hadits Dirayah dan Riwayah, serta Dilengkapi Studi Sembilan Kitab Induk Hadits). Malang: CV. Pustaka Learning Center, 2020.

Hasan, Puad. “Kajian Hadis di Kalangan Orientalis.” Edusifa: Jurnal Pendidikan Islam Vol 6 No 2 (2022).

Helam Hera, Siska. “Kritik Ignaz Goldziher Dan Pembelaan Musthofa Al-Azami Terhadap Hadis Dalam Kitab Sahih Al-Bukhari.” Jurnal Living Hadis Vol 5 No 1 (Mei 2020).

Humaidi, dan Syafril. “Peta Studi Al-Qur’an Tiga Kawasan: Timur Tengah, Barat, Dan Indonesia.” Jurnal Syahadah Vol. IX, No. 1 (April 2021).

Idri. Hadis dan Orientalis: Perspektif Ulama Hadis dan Orientalis Tentang Hadis Nabi. Depok: Kencana, 2017.

Idri, Idri. “Perspektif Orientalis tentang Hadis Nabi.” Al-Tahrir: Jurnal Pemikiran Islam 11, no. 1 (1 Mei 2011): 199. https://doi.org/10.21154/al-tahrir.v11i1.32.

Idri, Arif Jamaluddin Malik, M Nawawi, Syamsuddin, Muhammad Hadi Sucipto, dan Fikri Mahzumi. Studi Hadis. Surabaya: UIN Sunan Ampel Press, 2021.

Karim, Abdul. “Pemikiran Orientalis Terhadap Kajian Tafsir Hadis.” ADDIN Vol 7 No 2 (t.t.).

Mudhiiah, Khoridatul. “PEMIKIRAN DAUD RASYID TERHADAP UPAYA INGKAR SUNNAH KELOMPOK ORIENTALIS DI INDONESIA” 7, no. 2 (2013).

Nasir, Magfirah. “Sejarah Perkembangan Orientalisme.” Al-Mutsla: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman dan Kemasyarakatan Vol 3 No. 2 (Desember 2021).

Minhaji, M., Hosaini, H., Prasetiyo, N. T., Maktumah, L., & Alehirish, M. H. M. (2024). Responsive Islamic Education in Exploring Social Values Through the War Takjil Phenomenon: Sociological Perspective in Indonesia. JURNAL INDO-ISLAMIKA, 14(1), 51-61.

Nawawi. “Paradigma Orientalis terhadap Islam: antara Subyektif dan Obyektif.” Istidlal: Jurnal Ekonomi dan Hukum Islam Vol 4 No 1 (April 2020).

Hosaini, H., Fitri, A. Z., Kojin, K., & Alehirish, M. H. M. (2024). The Dynamics of the Islamic Education System in Shaping Character. Edukasia: Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 19(1), 79-98.

Nimah, Evayatun. “Pengaruh Orientalisme Dalam Pendidikan Islam Di Indonesia.” Majalah Ilmiah Tabuah Vol 1 No 2 (Juni 2021).

Qomar, M., & Fitri, A. Z. (2024). Innovative Learning Strategies for Islamic Religious Education Based on Merdeka Belajar Curriculum in Vocational High Schools. Al-Hayat: Journal of Islamic Education, 8(3), 966-981.

Rasyid, Daud. Islam Dalam Berbagai Dimensi. Jakarta: ROBBANI PRESS, 2020.

———. Pembaruan Islam Dan Orientalisme Dalam Sorotan. Depok: CV HILAL MEDIA GROUP, 2003.

———. Sunnah di Bawah Ancaman : Dari Snouck Hurgronje Hingga Harun Nasution. Depok: CV HILAL MEDIA GROUP, 2003.

Rofiah, Khusniati. Studi Ilmu Hadis. Yogyakarta: IAIN PO Press, 2017.

Hosaini, H., Qomar, M., Kojin, K., & Sibilana, A. R. (2024). Integration of School Curriculum and Islamic Boarding Schools in Preparing the Golden Generation with holistic intelligence. In SHS Web of Conferences (Vol. 205, p. 03001). EDP Sciences.

Taufik, A., Kasman, K., Wibowo, S. E., Hosaini, H., & Khaleel, A. H. (2024). Contextualizing The Value Of Islamic Education In The Digital Era: Challenges And Adaptations In The Khitbah Hadith. Jurnal At-Tarbiyat: Jurnal Pendidikan Islam, 7(3).

Cahyono, C., Judijanto, L., Hutahaean, E. S. H., Nisa, U. W., Mulyadi, M., & Hosaini, H. (2024). Pesantren Education as Indonesia's Indigenous Heritage: Nurturing Moral Education in the Digital Era. At-Ta'dib, 19(1), 177-193.

Saifullah. “Orientallisme Dan Implikasi Kepada Dunia Islam.” Jurnal MUDARRISUNA Vol 10 No 2 (Juni 2020).

Sulaiman, Abu Daud. Sunan Abi Daud. Beirut: Al-Maktabah Al-Asriyah, 275M.

Syafaq, Hammis, Amin Tohari, Nurul Asyia Nadhifah, Umi Hanifah, dan Marli Candra. Pengantar Studi Islam. Surabaya: UIN Sunan Ampel Press, 2021.

Ulfahadi, Rizki, dan Reynaldi Adi Surya. “Pandangan Orientalis Terhadap Sejarah Islam Awal.” USHULUNA Vol. 4, No. 2 (Desember 2018).

Muis, A., Eriyanto, E., & Readi, A. (2022). Role of the Islamic Education teacher in the Moral Improvement of Learners. Jurnal At-Tarbiyat: Jurnal Pendidikan Islam, 5(3).

Hosaini, H., Kandiri, K., Minhaji, M., & Alehirish, M. H. M. (2024). Human Values Based on Pancasila Viewed from Islamic Education. Al-Hayat: Journal of Islamic Education, 8(2), 539-549.

Downloads

Published

2024-12-24