DINAMISASI METODE PEMBELAJARAN DI MADRASAH DINIYAH DARUL AKHLAQ DESA TORONAN KABUPATEN PAMEKASAN
Keywords:
Dinamika, Metode Pembelajaran, Madrasah DiniyahAbstract
Madrasah Diniyah Darul Akhlaq mengalami perkembangan dalam penggunaan metode pembelajaran. Sehingga terjadi implementasi berbagai macam metode pembelajaran dalam penyampaian materi-materi pembelajaran. Permasalahan dalam penelitian ini adalah; pertama, bagaimana dinamika metode pembelajaran di Madrasah Diniyah ini? Kedua, apasaja keunggulan dinamika metode pembelajaran di Madrasah Diniyah ini? Dan Ketiga, apa saja faktor pendukung dan penghambat dinamika metode pembelajaran di Madrasah Diniyah ini?. Untuk menjawab permasalahan ini, dilakukan penelitian dengan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Lokasi penelitian adalah Madrasah Diniyah Darul Akhlaq Desa Toronan Kabupaten Pamekasan. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi non partisipan, wawancara, dan dokumentasi terhadap sejumlah sumber terkait. Analisis data dilakukan selama dan setelah penelitian berlangsung. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, dan triangulasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama, dinamika metode pembelajaran yang digunakan adalah metode kolaboratif yaitu perpaduan antara metode tradisional, metode progresif dan metode modern. Kedua, keunggulan dinamika metode pembelajaran adalah mempermudah siswa/siswi untuk memahami materi pelajaran, mempermudah ustadz/ustadzah dalam menyampaikan materi pelajaran, penyesesuaian metode pembelajaran dengan materi pelajaran dan menghemat waktu pelajaran. Adapun faktor pendukung dinamika metode pembelajaran adalah pengalaman (keilmuan) ustadz/ustadzah dan berbagai macam metode yang digunakan di Madrasah ini. Adapun faktor penghambatnya adalah tingkat kenakalan siswa dan berbedanya tingkat kecerdasan siswa.
Berdasarkan uraian di atas, Madrasah Diniyah ini sebagai lembaga pendidikan nonformal sangat layak untuk dipertahankan dan dikembangkan. Diantara aspek yang perlu dipertahankan adalah dinamika metode pembelajaran. Sedangkan diantara aspek yang perlu dikembangkan adalah sarana dan prasarana agar pelaksanaan pendidikan Islam di Madrasah Diniyah tetap berjalan.