IMPLEMENTASI SYARIAH MARKETING PADA TOKO MEUBEL BANG HASYIM DI WONOSARI BONDOWOSO

Authors

  • Suaidi

DOI:

https://doi.org/10.61595/progresif.v5i2.366

Keywords:

Marketing Syariah, Meubel Bang Hasyim

Abstract

Seiring berkembangnya waktu, perkembangan dan persaingan dunia semakin ketat. Tentu tuntutan bersaing juga semakin meningkat, baik persaingan mutu kerja, produk, ataupun pelayanan. Namun demikian, di era persaingan bebas ini banyak usaha yang sama sekali tidak mencerminkan nilai-nilai syariah dan yang menjadi tujuan utama adalah keuntungan yang berlipat ganda.  Maka oleh sebab itu, kehadiran Mebel Bang Hasyim Wonosari Bondowoso merupakan upaya untuk menghadirkan bisnis yang bernuansa syariah kepada seluruh masyarakat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pemasaran di mebel ini menggunakan eksplorasi dan differensiasi. Sedangkan barang-barang didatangkan dari Jepara dan selalu menjaga kualitas mutu barang, baik dari sisi merk, pengemasan ataupun dalam masalah penetapan harga yang terjangkau oleh elemen masyarakat. di samping itu, budaya kerja di tempat ini sangat baik, mulai dari kedisplinan, kejujuran, bersikap ramah kepada pelanggan, serta memberikan pelayana terbaik. Sedangkan pemasaran pada Meubel Bang Hasyim telah menerapkan karakteristik syariah marketing hal ini dapat dilihat dari berbagai aspek, diantaranya;  budaya kerja, karakter pemasaran, dan strategi pemasaran dengan menggunakan pendekatan eksplorasi pasar dan membuat perbedaan secara berani tanpa harus bertentangan dengan syariah dan menjatuhkan pihak lain.

Downloads

Published

2022-07-21