Implementasi Strategi discovery Learning (DL) pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam

Authors

  • Siti Fatimatus Zahroh STIT Darul Ulum Kubu Raya, Indonesia

Keywords:

discovery learning PAI, Prestasi belajar Aktivitas siswa

Abstract

Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk mengetahui: pengaruh model Discovery Learning terhadap prestasi belajar siswa pada materi kimia unsur. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah Kelas VIll MTS mu'tashim billah purnama pontianak selatan. Penelitian dilakukan dengan dua siklus dan masing-masing siklus terdiri atas empat tahapan, yakni: perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan: dokumentasi, tes, angket, observasi. Hasil penelitian disimpulkan bahwa: Peningkatan prestasi belajar ditunjukkan dengan: (1) ratarata prestasi belajar siswa pada siklus I adalah 6,79 dan pada siklus II adalah 8,68; (2) ketuntasan belajar siswa pada siklus I sebanyak 14 siswa atau 38,89% dan yang tidak tuntas sebanyak 22 siswa atau 61,11%; (3) ketuntasan belajar klasikal pada siklus I adalah 38,89% dan pada siklus II mencapai 100,00%, kinerja (performance) guru juga meningkat. Respon siswa adalah 82,14% artinya sangat setuju atau pada katagori tinggi.

Downloads

Published

2020-11-02