Pengaruh Kecerdasan Emosional Peserta Didik Kelas XI SMK Miftahul Ulum Bondowoso terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Peluang pada Masa Pandemi Covid-19
DOI:
https://doi.org/10.61595/progresif.v10i1.457Keywords:
kecerdasan emosional, hasil belajarAbstract
Pendidikan berperan penting dalam perkembangan kemajuan suatu bangsa, karena dapat meningkatkan kualitas sumber daya manusiabangsa tersebut.Pendidikan pada dasarnya adalah usaha sadar untuk menumbuh kembangkan potensi sumber daya manusia dengan cara mendorong dan memfasilitasi kegiatan belajar. Untuk mencapai hasil belajar yang optimal dipengaruhi oleh beberapa faktor, internal dan eksternal.Salah satu faktor internal peserta didik yang ikut menentukan hasil belajar adalah aspek kecerdasan emosional.Kecerdasan emosi bekerja secara sinergi dengan keterampilan kognitif.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kecerdasan emosional peserta didik kelas XI SMK Miftahul Ulum Bondowoso terhadap hasil belajar matematika materi peluang pada masa pandemi covid 19. Penelitian ini adalah penelitian korelasional kuantitatif dengan analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier sederhana untuk mengetahui pengaruh kecerdasan emosional terhadap hasil belajar.Berdasarkan hasil analisis datadiketahui bahwa kecerdasan emosional peserta didik berpengaruh terhadap hasil belajaryaitu semakin tinggi tingkat kecerdasan emosional peserta didik maka hasil belajarnya semakin baik.