Persepsi Guru dan Siswa Terhadap Implementasi Kurikulum Merdeka pada Pembelajaran Matematika di Madrasah Aliyah (MA)
Keywords:
Persepsi Guru, Kurikulum Merdeka, pembelajaran matematika, Madrasah AliyahAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan persepsi guru matematika dan siswa terhadap implementasi Kurikulum Merdeka di MAN 1 Probolinggo dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Data diperoleh melalui observasi, angket, dan wawancara dengan guru dan siswa, yang dianalisis berdasarkan tiga tahap implementasi: perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Hasil menunjukkan bahwa pada tahap perencanaan, Kurikulum Merdeka memberikan fleksibilitas dalam merancang materi ajar, namun ada tantangan dalam penyusunan rencana pembelajaran. Pada tahap pelaksanaan, kurikulum mendukung pendekatan inovatif berbasis aktivitas siswa, meskipun terdapat kendala adaptasi metode dan sumber daya. Pada tahap evaluasi, penilaian lebih fokus pada pengembangan kompetensi dan karakter siswa, namun membutuhkan waktu dan upaya lebih. Secara keseluruhan, persepsi guru cenderung positif, dengan harapan pelatihan dan dukungan lebih lanjut.