PENINGKATAN IMPLEMENTASI MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HIGHER ORDER THINKING SKILLS (HOTS) SISWA DI BONDOWOSO (Studi Kasus MAS Miftahul Ulum Pancoran)

Authors

  • Emil Gufron Universitas Bondowoso
  • Amalia Santosa Universitas Bondowoso
  • Agus Kadarmanto

Keywords:

PBL,HOTS

Abstract

Penelitian ini bertujuan agar peserta didik dapat belajar memahami dari berbagai sudut pandang yang berbeda, dapat mendidik dengan berkolaborasi, berpikir lebih kompleks, dan menciptakan keterampilan menyelesaikan permasalahan. Jenis penelitian ini merupakan eksperimen menggunakan desain One Group Pretest-Posttest. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV yang terdiri dari empat kelas, dengan total keseluruhan 112 peserta didik. Pengumpulan sampel menggunakan Cluster Random Sampling, sehingga didapatkan sampel eksperimen yaitu 28 peserta didik. Instrumen yang pretest dan posttest berupa soal-soal objektif. Hasil perolehan data dianalisis menggunakan statistika inferensial Uji-T. Hal ini dibuktikan dengan uji hipotesis signifikansi menggunakan uji T didapatkan data 0,05 dari nilai thitung > ttabel yaitu 37,089 > 2,052 artinya H0 ditolak sehingga diperoleh kesimpulan bahwa implementasi model PBL dapat meningkatkan kemampuan HOTS siswa MAS Miftahul Ulum Pancoran.

Downloads

Published

2025-02-08

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>