Analisis Hasil Belajar Matematika Menggunakan Pembelajaran Problem-Based Learning (PBL) pada Siswa Kelas 4 SDN Tamanan 1

Authors

  • Zaenol Fajri Universitas Nurul Jadid
  • Sajuri SMK Mambaul Falah Bondowoso
  • Emil Gufron Universitas Bondowoso

Keywords:

Hasil belajar Matematika, Problem Based learning

Abstract

Pembelajaran matematika di sekolah dasar sering dianggap sulit oleh siswa karena metode konvensional yang kurang melibatkan siswa secara aktif, sehingga berdampak pada rendahnya hasil belajar. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas penerapan model pembelajaran Problem-Based Learning (PBL) terhadap hasil belajar matematika siswa kelas 4 SDN Tamanan 1. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dokumentasi, dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan PBL sangat efektif dalam meningkatkan hasil belajar matematika. PBL mendorong siswa untuk terlibat aktif melalui identifikasi masalah, diskusi kelompok, dan pemecahan masalah kontekstual. Siswa menunjukkan peningkatan signifikan dalam hasil belajar, yang terlihat dari nilai sebelum dan sesudah penerapan PBL. Selain itu, siswa menjadi lebih aktif, antusias, dan termotivasi dalam proses pembelajaran. Masalah kontekstual yang disajikan dalam PBL meningkatkan relevansi matematika dengan kehidupan sehari-hari siswa, sedangkan kolaborasi dan diskusi mendukung pengembangan kemampuan berpikir kritis dan komunikasi. Berdasarkan temuan ini, PBL tidak hanya meningkatkan pemahaman konsep matematika tetapi juga mendorong keaktifan, antusiasme, dan motivasi siswa. Dengan demikian, model pembelajaran PBL direkomendasikan sebagai alternatif metode yang efektif dalam pembelajaran matematika di sekolah dasar.

Downloads

Published

2025-02-08

Most read articles by the same author(s)