Dampak Pandemi Covid 19 terhadap Perubahan Pembelajaran di Berbagai Negara
Keywords:
proses pembelajaran, pandemi covid 19Abstract
Artikel ini bertujuan untuk mendeskripsikan dampak pandemi covid 19 terhadap perubahan pembelajaran di berbagai negara. Penulis mengkaji beberapa hasil temuan terkait perubahan proses pembelajaran dalam artikel-artikel jurnal penelitian. Metode pada penelitian ini adalah studi pustaka. Penulis mencari, mengumpulkan, menerjemah, kemudian mengkaji studi pustaka dengan kata kunci pembelajaran selama pandemi covid 19 pada website jurnal nasional, dan kata kunci learning process during covid 19 pada website jurnal internasional. Penulis mengkaji permasalahan, dampak, solusi maupun temuan lainnya dalam pembelajaran selama masa pandemi covid 19 di berbagai negara. Sebanyak 6 artikel dikaji oleh penulis dari berbagai negara yang mewakili benua, diantaranya Amerika, Australia, China, Turki, Zambia, dan tentunya Indonesia. Hasil menunjukkan bahwa secara umum keenam negara mengalami permasalahan dalam proses pembelajaran selama masa pandemi covid 19 seperti keterlibatan pembelajaran yang terbatas, kehilangan kesempatan umpan balik, serta kesulitan dalam berinteraksi sosial. Dampak dari pandemi sangat dirasakan saat pembelajaran berlangsung. Keenam negara menerapkan pembelajaran secara online dengan berbagai platform yang beragam.