Pelatihan Menggunakan Desain Pembelajaran Model Kemp Untuk Meningkatkan Kompetensi dalam Menyusun Program Pembelajaran Pendidikan Karakter Anak Usia Dini
Keywords:
guru TK, pembelajaran pendidikan karakter anak usia dini, pelatihanAbstract
Pelaksanaan pembelajaran pendidikan karakter perlu diwujudkan secara optimal. Pelaksanaan pendidikan karakter di sekolah masih terkendala guru yang belum memahami bagaimana mengintegrasikan pembelajaran pendidikan karakter dalam materi pelajaran sekolah, muatan karakter belum sepenuhnya terejawantahkan dalam aktivitas pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah menguji secara empiris pelatihan dengan menggunakan desain pembelajaran model Kemp untuk meningkatkan kompentensi guru TK non Sarjana dalam menyusun suatu program pembelajaran pendidikan karakter anak usia dini. Penelitian ini melibatkan 25 sekolah TK, dengan 38 subjek guru TK non Sarjana yang dibagi kedalam kelompok eksperimen sebanyak 19 orang dan kelompok kontrol 19 orang, menggunakan desain ekeperimen untreated kontrol group design with dependent pretest and posttes samples using switching replication. Hasil analisis data menggunakan metode analisis mixed anova yang menunjukkan adanya perbedaan kompetensi dalam menyusun program pembelajaran pendidikan karakter anak usia dini secara signifikan 5,045 (p< 0,01) pada kelompok eksperimen yang mendapatkan perlakuan. Sumbangan efektif pelatihan dengan menggunakan desain pembelajaran model Kemp pada kelompok eksperimen sebesar 39,7%. Kompetensi dalam menyusun program pembelajaran pendidikan karakter pada kelompok eksperimen mengalami peningkatan (MD= -5,947; p<0,01). Pada kelompok kontrol, juga mengalami peningkatan setelah diberikan perlakuan (MD= -2,842; p<0,01).