Pelatihan Menggunakan Desain Pembelajaran Model Kemp Untuk Meningkatkan Kompetensi dalam Menyusun Program Pembelajaran Pendidikan Karakter Anak Usia Dini

Authors

  • Danarsih Danarsih
  • Thomas Dicky Hastjharjo Universitas Gadjah Mada

Keywords:

guru TK, pembelajaran pendidikan karakter anak usia dini, pelatihan

Abstract

Pelaksanaan  pembelajaran  pendidikan  karakter  perlu  diwujudkan  secara  optimal. Pelaksanaan  pendidikan  karakter  di  sekolah  masih  terkendala  guru  yang  belum  memahami bagaimana  mengintegrasikan  pembelajaran  pendidikan  karakter  dalam  materi  pelajaran sekolah, muatan karakter belum sepenuhnya terejawantahkan dalam aktivitas pembelajaran.  Tujuan  dari  penelitian  ini  adalah  menguji  secara  empiris  pelatihan  dengan  menggunakan desain  pembelajaran  model  Kemp  untuk  meningkatkan  kompentensi  guru  TK  non  Sarjana dalam menyusun suatu program pembelajaran pendidikan karakter anak usia dini. Penelitian ini  melibatkan  25  sekolah  TK,  dengan  38  subjek  guru  TK  non  Sarjana  yang  dibagi  kedalam kelompok  eksperimen  sebanyak  19  orang  dan  kelompok  kontrol  19  orang,  menggunakan desain ekeperimen untreated kontrol group design with dependent pretest and posttes samples using  switching  replication.  Hasil  analisis  data  menggunakan  metode  analisis  mixed  anova yang  menunjukkan  adanya  perbedaan  kompetensi  dalam  menyusun  program  pembelajaran pendidikan  karakter  anak  usia  dini  secara  signifikan  5,045  (p<  0,01)  pada  kelompok eksperimen yang mendapatkan perlakuan. Sumbangan efektif pelatihan dengan menggunakan desain  pembelajaran  model  Kemp  pada  kelompok  eksperimen  sebesar  39,7%.  Kompetensi dalam  menyusun  program  pembelajaran  pendidikan  karakter  pada  kelompok  eksperimen mengalami  peningkatan  (MD=  -5,947;  p<0,01).  Pada  kelompok  kontrol,  juga  mengalami peningkatan setelah diberikan perlakuan (MD= -2,842; p<0,01).  

Downloads

Published

2023-03-11