Efektifitas Penggunaan Media Pembelajaran Dalam Peningkatan Minat Siswa Pada Mata Pelajaran PAI Di SMAN 1 Situbondo Tahun Pelajaran 2023-2024
Abstract
Latar belakang masalah: Proses belajar mengajar pada hakekatnya adalah proses komunikasi, yaitu proses penyampaian dari sumber pesan melalui saluran/media tertentu ke penerima pesan, Pesan yang akan dikomunikasikan adalah isi ajaran atau didikan yang ada dalam kurikulum, sumber pesannya bisa guru, siswa, orang lain atau penulis buku, salurannya adalah media pendidikan, dan penerima pesannya adalah siswa atau juga guru. Seperti halnya media pembelajaran komputer yang menggunakan perangkat lunak , yang salah satunya ialah pemanfaatan media pembelajaran.
Permasalahan: Bagaimana pemanfaatan media pembelajaran pada pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) siswa di SMA N 1 Situbondo tahun pelajaran 2023/2024? Dan Bagaimana respon siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) siswa di SMA N 1 Situbondo melalui pemanfaatan media pembelajaran tahun pelajaran 2023/2024?
Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif lapangan dengan tehnik analisis deskriptif-analitik. Pengumpulan data dengan menggunakan metode observasi, metode interview serta metode dokumentasi.
Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui media belajar yang digunakan serta pengembangan yang telah dilakukan oleh guru pada pembelajaran PAI di SMA Negeri 1 Situbondo sehingga diharapkan dari penelitian ini bisa diambil manfaat berupa memperkaya informasi ilmu pendidikan agama Islam yang khususnya pada bidang teknologi pendidikan serta mempunyai nilai strategis bagi praktisi pendidikan, baik guru, orang tua, siswa maupun sekolah itu sendri.;
Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa Pemanfaatan media pembelajaran PAI SMA N 1 Situbondo, secara umum dapat dikatakan baik. Hal ini berkaitan dengan tujuan pendidikan nasional pada umumnya dan tujuan Pendidikan Agama Islam pada khususnya. Tujuan pembelajaran agama Islam di SMA Negeri 1Situbondo, tidak menyimpang dengan tujuan pendidikan nasional dan tujuan Pendidikan Agama Islam itu sendiri
References
________________, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, Jakarta: PT. Rineka Cipta, 2002, Cet. 12.
Arsyad, Azhar, Media Pembelajaran, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2005, Cet. 6.
Asnawir dan M. Basyiruddin Usman, Media Pembelajaran, Jakarta: Ciputat Pers, 2002, Cet. 2.
Departemen Agama RI, Al Qur’an dan Terjemahannya, Jakarta: Yayasan Penyelenggara Penterjemah/ Pentafsir al Qur’an, 2000
Depdikbud, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka, 1999.
Djamarah, Syaiful Bahri dan Asman Zein, Strategi Belajar Mengajar, Jakarta: PT. Rineka Cipta, 2006, Cet. 3.
Hadi, Sutrisno, Metodologi Research, Jilid 1, Yogyakarta: Andi Offset, 1995.
____________, Statistik, Jilid II, Yogyakarta: Andi, 2000.
Jihad, Asep dan Abdul Haris, Evaluasi Belajar, Yogyakarta: Multi Pressindo, 2008, Cet. 2.
Ramayulis, Metodologi Pengajaran Agama Islam, Jakarta: Kalam Mulia, 2001.
Sardiman, Arief, dkk., Media Pendidikan, Jakarta: CV. Raja Wali, 2001
_________________, Media Pembelajaran “Pengertian, Pengembangan, danPemanfaatannya”, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2007.
Slameto, Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya, Jakarta: PT Rineka Cipta, 2005, Cet. 3.
Sudijono, Anas, Pengatar Statistik Pendidikan, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2001, Cet. 11.
Sudjana, Nana, Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar, Bandung: Sinar Baru Algensindo, 2004, Cet. 7.
Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan “Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, danR & D”, Bandung: Alfabeta, 2007, Cet. 3.
________, Statistik Untuk Penelitian, Bandung: CV. Alfabeta, 2007, Cet. 12.
Sukmadinata, Nana Syaodih, Landasan Psikologi Proses Pendidikan, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2003, Cet. 1.
Syukur, Fatah, Teknologi Pendidikan, Semarang: RaSAIL, 2005, Cet. 1.
Tafsir, Ahmad, Metodologi Pengajaran Agama Islam, Bandung: PT. Remaja Rosda Karya. 2001.
Thoha, Chabib, (ed.), PBM-PAI Di Sekolah Eksistensi dan Proses BelajarMengajar Pendidikan Agama Islam, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 1998,Cet. 1.
____________, dkk, Metodologi Pengajaran Agama, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 1999.
Tim Redaksi Nuansa Aulia, Sistem Pendidikan Nasional (SIKDIKNAS), Bandung: CV. Nuansa Aulia, 2005, Cet. 1.
Undang-Undang RI Nomor 20 Tahun 2003, Jakarta: Depdiknas, 2003, Cet. 1.
Usman, Basyirudin, Metodologi Pembelajaran Agama Islam, Jakarta: Ciputat Pers, 2002.
Sudrajat, Akhmad, Kurikulum dan Pembelajaran, http: //akhmad sudrajat. wordpress.com /2008/01/12/media-pembelajaran/, Selasa 10/02/2015.
Kusumah, Wijaya, Media Pembelajaran, http: // wijayalabs. blogspot. Com /2007 /11 /media- pembelajaran .html, Selasa 10/02/2015.