Pengaruh Kebersihan dan Keteraturan Lingkungan Terhadap Penerimaan Materi Pendidikan Agama Islam Pada Siswa SMK Al Akhyar Wonokusumo

Authors

  • Abdurrahman Wahid
  • Muharofah Safitri Universitas Bondowoso

Keywords:

Kebersihan dan Keteraturan Lingkungan, Materi Pendidikan Agama Islam

Abstract

Di SMK Al Akhyar Wonokusumo, penting untuk menilai bagaimana kebersihan dan keteraturan lingkungan sekolah mempengaruhi penerimaan materi pendidikan agama Islam pada siswa SMK Al Akhyar[1]. Lingkungan sekolah yang bersih dan teratur mendukung kesehatan fisik siswa, yang berpengaruh pada kehadiran dan keterlibatan mereka dalam proses belajar. Dengan lingkungan yang nyaman dan bebas dari gangguan kesehatan, siswa dapat lebih fokus dan siap menerima materi pendidikan agama Islam

Dengan pemahaman yang lebih baik tentang hubungan antara kebersihan, keteraturan, dan efektivitas pembelajaran, langkah-langkah perbaikan dapat diambil untuk menciptakan lingkungan belajar yang lebih baik dan mendukung keberhasilan pendidikan agama Islam.

Penelitian ini penting dilakukan karena kebersihan dan keteraturan lingkungan sekolah bukan hanya berdampak pada kesehatan fisik siswa, tetapi juga memengaruhi kenyamanan psikologis yang bisa menentukan seberapa baik mereka menerima dan memahami materi pelajaran. Lingkungan yang bersih dan teratur bisa menjadi faktor pendukung siswa dalam meningkatkan fokus dan konsentrasi selama pelajaran berlangsung, khususnya dalam Pendidikan Agama Islam yang memerlukan pemahaman yang dalam tentang nilai, sikap, dan moralitas yang diajarkan dalam Islam.

Dengan meneliti pengaruh lingkungan sekolah terhadap penerimaan materi PAI, kita dapat melihat sejauh mana kondisi fisik dan estetika sekolah memengaruhi kualitas pembelajaran agama Islam pada siswa. Hal ini penting agar sekolah dapat mengetahui dan memperbaiki aspek-aspek lingkungan yang mungkin selama ini diabaikan, tetapi sebenarnya berdampak besar pada penerimaan siswa terhadap materi agama Islam.

 

[1]  Observasi

References

Nurhayati and K. Rosadi imron, “Determinasi Manajemen Pendidikan Islam: Sistem Pendidikan,Pengolahan Pendidikan dan Tenaga Pendidikan” Jurnal manajemen pendidikan dan ilmu sosial, vol. 3 no. 1 (20223),doi: 10.38035/jmpis.v3i1.1047.).

Agustin, “Perspektif hadist Nabi Saw. Mengenai Kebwesihan Lingkungan “, Jurnal Penelitian Ilmu Ushuluddin, Vol. 1 no. 2 ( 2021 ), 96-104. doi:10.15575/join.12206.

M. J Ismail, “ Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan dan Menjaga Kebersihan di Sekolah “, Jurnal pendidikan dan pembelanaran, vol. 4 no.1 (2021) , 59-68, doi:10.31970/guru tua. v4i1

Hendraeiahdo, “Kebersihan Lingkungan Sekolah “, ( Medan:Wordpress), 2015

Y. Supriani dkk, “ Peran Manajemen Kepemimpinan Dalam Pengolahan Lembaga Pendidikan Islam “, Jurnal ilmu pendidikan, Vol.5 no.1,(2022), 332-338, doi:10.54371/jiip.v5i1.417

Ranmayanti, “Pengaruh Lingkungan Sekolah Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas x SMA Negri 1 Enrekang Kabupaten Engrekang “, Skripsi Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Makassar, (2019)

Suharsimi arikanto, “ Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek “, ( Jakarta: Rijeka cipta ), 1991

Sugiyono, “ Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D “,(Bandung:Alfabeta, 2015)

Wiratna, “ SPSS untuk Paramedis “, ( Yogyakarta: Gava Media) , 2012

Published

2025-05-05