Upaya Guru PAI Dalam Pembentukan Karakter Disiplin Siswa Kelas VII SMP Islam Al-Hidyah Tahun Pelajaran 2023/2024
Abstract
Pada hakikatnya sikap dan perilaku Guru PAI sangat berpengaruh terhadap peserta didik, hal ini disebabkan karena sekolah bukan hanya tempat mencari ilmu pengetahuan saja, akan tetapi sekolah juga merupakan wadah pembentukan karakter disiplin mereka. Maka dari itu Guru PAI diharapkan mampu memberikan contoh atau jadi suri tauladan yang baik kepada para peserta didik sebagaimana pepatah mengatakan “ Jika guru kencing berdiri, maka murid kencing berlari”. Yang artinya jika Guru PAI memberikan contoh yang baik maka pasti akan memberikan dampak yang positif kepada para peserta didiknya.
SMP Islam Al-hidayah adalah sekolah yang terletak di Dusun beber lauq Desa pengenjek Kecamatan Jonggat Kabupaten Lombok Tengah, merupakan sekolah yang sangat luar biasa bagi peneliti.
Berdasarkan hasil observasi yang peneliti lakukan, peneliti menemukan berbagai macam temuan salah satunya adalah karakter disiplin yang ada pada diri peserta didik lebih-lebih Guru PAI yang ada di SMP ISLAM AL-HIDYAH
Oleh sebab itu, berdasarkan beberapa gambaran uraian diatas, maka peneliti tertarik untuk meneliti lebih jauh tentang “Upaya Guru PAI Dalam Pembentukan Karakter Disiplin Siswa Kelas VII SMP ISLAM AL-HIDYAH Tahun Pelajaran 2023/2024”
References
Aji, Teguh, Wijaksono. Upaya Meminimalisasikan Kendala Persiapan Pemuatan Benzene di Atas Kapal Mt. Bauhinia, Diploma Thesis, Semarang: Politeknik Ilmu Pelayanan Semarang, 2018.
Alfandi, Safuan. Kamus Lengkap Bahasa Indonesia, Solo: Sendang Ilmu, 2005.
Br, Ernita Tarigan, Meningkatkan Kedisiplinan Siswa Dalam Proses Belajar Mengajar Melalui Layanan Konseling Kelompok Pada Siswa Kelas VII-3 SMP Negri 1 Gebang, Jurnal Tabularasa PPS Unimed, Vol. 15, No. 3, 2018.
Departemen Penddikan dan Kebudayaan, Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka, 2002.
Dimyati dan Mudjiono, Menjadi Guru Professional, Bandung: Rosda Karya, 2001
Djuandi, M. Ghony dan Manshur, fauzan, Metode Penelitian Kualitatif, Djogjakarta: Ar-Ruzz Media, 2012.
Drajat, Zakiah. Ilmu Pengetahuan Islam, Jakarta: Bumi Aksara, 2012.
E. Mulyasa, Manajemen Pendidikan Karakter, Jakarta: Bumi Aksara, 2013.
Gunawan, Heru. Pendidikan Karakter, Bandung: Alfabeta, 2012.
Halim, Abd Soebahar, Kebijakan Pendidikan Islam : Dari Ordonasi Guru Sampai UU SISDIKNAS, Jakarta: Rajawali Press, 2013.
Hanif, Usamah. “Kebijakan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Siswa”. Tesis – Institut Agama Islam Ponorogo, 2019.
Hasbullah. Otonomi Pendidikan. Jakarta: PT. Rajawali Pers, 2010.
Hidayatullah, Furqon. Pendidikan Karakter Membangun Peradaban Bangsa. Surakarta: Yuma Pressindo, 2010.
J. Lexy, Meloeng, Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosadakarya, 2012.
Jalaluddin. Psikologi Agama, Jakarta: Raja Grafindo, 2001.
Julianda, Rizqi. Upaya Guru PAI Dalam Pembentukan Karakter Siswa Di SMPN Se-Kecamatan Tanjung Pura, Skripsi-Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Darussalam, Banda Aceh, 2022.
Kandiri, Pembelajaran Berbasis Prilaku. Jember: Buku Pena Salsabila, 2022.
Kemendiknas, Pengembangan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa, Jakarta: Puskur, 2010.
Khairunni’am, Ahmad. “Peran Kepala Sekolah Dalam Membentuk Ahlak Siswa Melalui Budaya Sekolah Di Madrasah Tsanawiyah Thoriqotul Ulum Tlogoharum Wedarijaksa Pati”. Skripsi – UIN Walisongo: Semarang, 2021.
Kunandra. Guru Profesional Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan dan Sukses dalam Sertifikasi Guru, Jakarta: Raja Wali Pers, 2010
Kurniasih, Kebijakan Kepala Sekolah Dalam Pembentukan Karakter Disiplin Siswa di SMP Negri 2 Bojongsari, Purwokerto: Skripsi UIN Prof. KH. Saifuddin Zuhri. 2022
Meleong, Metode Penelitian Kualitatif, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 1992.
Mulyasa, Menjadi Kepala Sekolah Professional, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2005.
Musfirah, Tadkirotun. Bermain dan Permainan Anak, Tanggerang Selatan: Universitas Terbuka, 2019.
Muspawi, Muhammad. Strategi Peningkatan Kinerja Guru, Jambi: Jurnal Ilmiah Batanghari Jambi, 2021.
Mustajab dan Ansori, Miksan, Strategi Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Menerapkan Pendidikan Karakter Bagi Siswa, Vol. 4, No. 2, 2021.
Mustoip, Sofyan, Implementasi Pendidikan Karakter. Surabaya: Jakad Publisisng, 2018.
Nazri, Al-hafiz. “Peran kepala Sekolah Dalam Membentuk Karakter Disiplin Siswa Di SMK Swasta Karya Bunda Medan”. Skripsi – UIN Sumatra Utara: Medan, 2020.
Rahmat, Nur dan sepriadi dan Rasma Daliana, Pembentukan Karakter Disiplin Siswa Melalui Guru Kelas di SD Negri 3 Rejosari Kabupaten Oku Timur, Jurnal Manajemen Kepemimpinan dan Supervisi Pendidikan, Vol. 2, No. 2, 2017.
Rima, Cut Fadhilah, Peran Guru Dalam Pembentukan Karakter Disiplin Siswa Di Min 22 Aceh Besar. Banda Aceh Darussalam: Skripsi, 2021.
Rojai. Panduan Sertifikasi Guru Berdasarkan Undang undang Guru dan Dosen, Jakarta: Cerdas, 2013
Rukin, Metodologi Penelitian Kualitatif, Takalar: Yayasan ahmad Cendeki Indonesia, 2019
Said, Ahmad, Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Melestarikan Budaya Mutu Sekolah.Vol.2 No.1,2018.
Salim, Peter dan Salim, Yeni. Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Modem English Press, 2011.
Setiawan, Rini. Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Al-Qur’an Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Ulubelu Kecamatan Ulubelu Kabupaten Tanggamus. Kabupaten Tanggamas: Jurnal Ilmu Tarbiyah, 2023
Soleh, Muhammad Hapudin, Manajemen Karakter : Membentuk Karakter Baik Pada Anak, Jakarta: Tazkia Press, 2019.
Sugiyono, Metode Penelitian Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2011.
Suprihatiningrum, Jamil. Guru Prpfesional Pedoman Kinerja, Kualitatif dan Kompetensi Guru, Yogyakarta: Ar- Ruzz Media, 2004
Supriyadi, Strategi Belajar Mengajar, Yogyakarta: Cakrawala Ilmu, 2015.
Uhbiayati, Ilmu Pendidikan Islam. Bandung: PT. Pustaka Setia, 2017.
Undang-undang Sisdiknas No 20 Tahun 2003, Jakarta.2003
Vienty, Okta, Strategi Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru, Vol. 1, No. 2, 2022.
W, Santrock, Jhon. Perkembangan Remaja Edisi 11 Jilid 2, Jakarta: Erlangga, 2007.
Wafi, Ahmad, Strategi Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Disiplin Peserta Didik Di Madrasah Aliyah Manaratul Islam Cilandak, Jakarta Selatan: Skripsi - UIN Syarif Hidayatullah, 2017.
Walgito, Bimo. Psikologi Sosial: Suatu Pengantar, Yogyakarta: Andi Offset, 2003.
Wuryandani,Wuri dan Maftuh, Bunyamin. Pendidikan Karakter Disiplin Di Sekolah Dasar. No.2, 2014.
Zaenal, Agus. Pendidikan Karakter Berbasis Nilai dan Etika di Sekolah. Yogyakarta: ArRuzz Media, 2012
Zamili, Moh, Riset Kualitatif Dalam Pendidikan Teori Dan Praktik, Depok: Rajawali Printing, 2023.
Zubaedi. Desain Pendidikan Karakter Konsepsi Dan Aplikasinya Dalam Lembaga Pendidikan, Jakarta: Kencana, 2011
Zuhairini, Metodologi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Malang: UIN Press, 2004.
Zulfidar, Abduh. Belajar dari Akhlaq Ustadz Salafi, Jakarta: Pustaka Al-kautsar, 2008.