Strategi Dalam Meningkatkan Minat Belajar Dalam Meningkatkan Minat Belajar Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Smpn 02 Satap Sumber Wringin
Keywords:
strategi Guru. Minat BelajarAbstract
Strategi adalah ilmu siasat, tipu muslihat yang digunakan untuk mencapai maksud. Secara istilah strategi dapat diartikan sebagai garis besar haluan bertindak untuk mencapai sasaran yang telah ditetapkan. Pada awalnya strategi sebenarnya berasal dari istilah kemiliteran, yaitu usaha untuk mendapatkan posisi yang menguntungkan dan tujuan mencapai kemenangan .dalam strategi Pembelajaran upaya pendidik untuk membantu siswa dalam meningkatkan minat belajar siswa di SMPN 02 satap sumberwringin .
Berdasarkan latar belakang diatas penulis tertarik untuk melakukan penelitian dengan judul “Strategi guru dalam meningkatakn minat belajar siswa pada pembelajaran pendidikan agama islam di SMPN 02 Satap Sumber Wringin ” dari tema tersebut peneliti merumuskan masalah sebagai berikut, pertama, Bagaimana strategi guru dalam menciptakan interaksi pembelajaran yang efektif dan efisien yang berimplikasi kepada minat belajar siswa di SMPN 02 Satu Atap Sumber Wringin pada pembelajar an pendidikan agama islam?
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Dengan lokasi penelitian di SMPN 02 Satap Sumber Wringin. Adapun metode Pengumpulan data dalam penelitian ini adalah Metode Observasi, Interview, Dokumentasi. Sedangkan analisa data dalam penelitian ini menggunakan reduksi Data (Data Reduction), Penyajian Data (Data Display) dan Kesimpulan (Conluction Drawing / Verification).
Dari latarbelakang masalah dan rumusan masalah di atas, dapat disimpulkan sebagai berikut, pertama strategi guru dalam meningkatakna minat belajar siswa ini, diantaranya: belajar yang bertujuan, menciptakan suasana belajar yang menyenangkan, belajar yang berkebutuhan, memberikan perhatian kepada siswa dan masih banyak lagi strategi lainnya yang berdampak pada minat belajar siswa di SMPN 02 satap sumber wringin.
References
Abdurrahman, Dudung. Pengantar Metode Penelitian. Kurnia Kalam Semesta, Yogyakarta: 2008.
Budiarti, Lina, Upaya Guru dalam Meningkatkan Minat Belajar di dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani, Surabaya: UNESA , 2013.
Daradjat, Zakiah, Membina Nilai- Nilai Moral di Indonesia , Jakarta : Bulan Bintang, 2004.
Darmansyah, Strategi Pembelajaran Menyenangkan dengan Humor. Jakarta:Bumi Aksara, 2012.
Djaelani, Psikologi Pendidikan, Depok: CV Arya Duta, 2011.
Djamarah, Syaiful Bahri dan Aswan Zain. 2010. Strategi BelajarMengajar. Rineka Cipta, Jakarta
Hamalik, Oemar. 2010. Pendidikan Guru: Berdasarkan Pendekatan Kompetensi. Bumi Aksara,Jakarta.
Hamzah B. Uno, Profesi Kependidikan, Jakarta: Bumi Aksara, 2010.
Khanifatul, Pembelajaran Inovatif: Strategi Pengelolaan Kelas Secara Efektif dan Menyenangkan, Jogjakarta: Ar-Ruzz Media, 2013.
Komalasari, Kokom, Pembelajarn Konstektual Konsep dan Aplikasi, Bandung: PT Refika Aditama, 2010.
Lexy J, Moleong, Metodologi Penelitian Kualitatif. Edisi Revisi. Remaja Rosdakarya, Bandung: 2010.
Mufarokah Anisatul, Strategi Belajar Mengajar, Yogyakarta: Teras, 2009.
Mufarokah, Eka Yulianingsih, Peran Guru dalam Meningkatkan Minat Belajar Aqidah Akhlaq siswa kelas 1 di MIN Ngestiharjo, Malang: UIN malang 2014.
Muhaimin, Paradigma Pendidikan Islam; Upaya pengefektifan PAI di Sekolah, Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2002.
Mukhtar , Desain Pembelajaran PAI , Jakarta : Misaka Galiza, 2003.
Paul Eggen dan Don Kauchak, Strategi dan Model Pembelajaran Mengajarkan Konten Keterampilan Berpikir Edisi 6, Jakarta: PT Indeks, 2012