Penerapan Model Project Based Learning Dalam Perkuliahan Pengantar Statistik Materi Skala Pengukuran Dan Penyajian Data
Keywords:
Project Based Learning, pengantar statistikAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan perkuliahan mata kuliah pengantar statistik dengan model Project Based Learning (PjBL). Metode penelitian menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan subjek penelitian yaitu mahasiswa program studi ilmu administrasi negara yang menempuh mata kuliah pengantar statistik sebanyak 14 orang. Proyek dalam penelitian ini mengintegrasikan materi skala pengukuran dan penyajian data sesuai dengan Rencana Pembelajaran Semester (RPS). Instrumen yang digunakan yaitu observasi, wawancara, presentasi, evaluasi, dan dokumentasi. Penggunaan teknologi sangat berperan penting dalam proyek ini. Adapun aplikasi yang digunakan untuk kuesioner dan penyajian data. Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian pada perkuliahan dengan menggunakan model PjBL dapat merangsang kemampuan dan keterampilan komunikasi serta kolaborasi mahasiswa dalam mengerjakan proyek. Dapat dikatakan implementasi PjBL dalam perkuliahan adalah baik dengan nilai rata-rata mahasiswa :keaktifan=80,21; kuesioner=80,78; penyajian Data=80,92; presentasi=82,57.. Dari 14 mahasiswa, 10 mahasiswa telah menyelesaikan proyek dengan sangat baik. 4 mahasiswa lainnya telah menyelesaikan dengan cukup baik mulai dari awal tahap perencanaan hingga evaluasi akhir.